Sabtu 24 April 2021, 07:31 WIB

Roket SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Roket SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa

AFP/AUBREY GEMIGNANI
Roket SpaceX

 

BADAN Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) dan perusahaan roket komersial milik miliarder Elon Musk, SpaceX, meluncurkan tim yang terdiri dari empat astronot baru dalam penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Jumat (23/4). Mereka merupakan awak pertama yang meluncur menuju orbit dengan pendorong roket yang didaur ulang dari penerbangan luar angkasa sebelumnya.

Kapsul Crew Dragon perusahaan, Endeavour, melayang ke langit menjelang fajar yang gelap di atas roket SpaceX Falcon 9 tak lama sebelum pukul 06.00 pagi waktu setempat dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di Cape Canaveral, Florida.

Para kru akan tiba di stasiun luar angkasa, yang mengorbit sekitar 400 km di atas Bumi, pada Sabtu (24/4) pagi, setelah penerbangan hampir 24 jam.

Misi tersebut menandai tim stasiun luar angkasa operasional kedua yang diluncurkan oleh NASA di atas kapsul Dragon Crew sejak AS kembali menerbangkan astronot ke luar angkasa dari tanah Amerika tahun lalu, menyusul jeda sembilan tahun pada akhir program pesawat luar angkasa AS di 2011.

Baca juga: NASA Memilih SpaceX untuk Mengembangkan Pendaratan di Bulan

Ini juga merupakan penerbangan awak ketiga yang diluncurkan ke orbit di bawah kemitraan publik-swasta NASA dengan SpaceX, perusahaan roket yang didirikan dan dimiliki oleh Musk yang juga kepala eksekutif produsen mobil listrik Tesla.

Pertama adalah misi uji coba keluar dan mundur yang hanya membawa dua astronot ke orbit Mei lalu, diikuti oleh empat awak penuh pertama SpaceX pada November.

Tim Kru 2 ini terdiri dari dua astronot NASA yakni komandan misi Shane Kimbrough (53) dan pilot Megan McArthur (49) bersama dengan astronot Jepang Akihiko Hoshide (52) dan sesama spesialis misi Thomas Pesquet (43) seorang insinyur Prancis dari Agen Luar Angkasa Eropa. (Straitstimes/OL-5)

Baca Juga

AFP

WHO: Omicron Timbulkan Risiko Global yang Sangat Tinggi

👤Mediaindonesia 🕔Senin 29 November 2021, 17:48 WIB
Omicron memiliki jumlah mutasi lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensialnya...
Antara/Fikri Yusuf

PBB: Pandemi Rugikan Sektor Pariwisata Global $2,0 Triliun pada 2021

👤Nur Aivanni  🕔Senin 29 November 2021, 17:20 WIB
Kedatangan turis internasional tahun ini akan tetap 70-75% di bawah 1,5 miliar kedatangan yang tercatat pada 2019 sebelum pandemi...
AFP/Organisasi Energi Atom Iran.

Perjalanan Berliku Perjanjian Nuklir Iran pada 2015

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 14:39 WIB
Dengan pembicaraan tentang pemulihan kesepakatan yang akan dimulai di Wina pada Senin (29/11), mari kita lihat kembali sejarahnya yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya