Kamis 22 April 2021, 08:33 WIB

PBB Minta Navalny Dipindah ke Luar Negeri

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
PBB Minta Navalny Dipindah ke Luar Negeri

AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV
Alexei Navalny

 

PAKAR hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta Rusia mengizinkan pemimpin oposisi yang dipenjara Alexei Navalny dievakuasi secara medis dan dirawat di luar negeri. Mereka menilai, hidup Navalny kini sedang dalam bahaya.

Navalny telah ditahan dalam kondisi yang keras di penjara dengan keamanan tinggi dan tidak diberi akses ke perawatan medis yang memadai, kondisi yang menurut PBB menyiksa.

"Kami mendesak pihak berwenang Rusia untuk memastikan Navalny memiliki akses ke dokternya sendiri dan mengizinkannya dievakuasi untuk perawatan medis darurat di luar negeri, seperti yang mereka lakukan pada Agustus 2020," kata para pakar PBB.

Kritikus Kremlin berusia 44 tahun itu memulai mogok makan tiga minggu lalu. Dia menjalani hukuman dua setengah tahun atas tuduhan penggelapan lama yang katanya dibuat-buat.

Navalny kembali ke Rusia pada Januari setelah menjalani perawatan di Jerman atas apa yang menurut pihak berwenang Jerman diracuni Rusia dengan zat saraf terlarang. Kremlin menyangkal tudingan apa pun.

Baca juga: Ribuan Orang Ikut Aksi Pro-Navalny di Moskow

Pakar PBB menyuarakan kekhawatiran atas kesehatannya yang memburuk.

"Kami yakin nyawa Tuan Navalny dalam bahaya serius,” tuturnya.

"Kami sangat prihatin bahwa Tuan Navalny ditahan dalam kondisi yang dapat menyebabkan penyiksaan atau perlakuan atau hukuman yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat di fasilitas yang dilaporkan tidak memenuhi standar internasional," tambahnya.

Mereka mengatakan pemenjaraan Navalny saat ini dan serangan di masa lalu terhadapnya, termasuk dengan Novichok, adalah semua bagian dari pola pembalasan yang disengaja terhadapnya atas kritiknya terhadap pemerintah Rusia dan pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia.(Straitstimes/OL-5)

Baca Juga

AFP/Medcom.id Logo

WHO Dukung Regeneron untuk Perawatan Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 17:01 WIB
Ini adalah obat pertama melawan covid-19 yang direkomendasikan WHO untuk digunakan pada pasien berisiko tinggi yang tidak parah untuk...
AFP

Direktur Pelaksana IMF Diminta Mundur

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 14:44 WIB
"Kepala IMF harus memegang cincin sementara dua pemegang saham terbesarnya, Amerika dan Tiongkok, saling berhadapan di era baru...
AFP/Brendan Smialowski

Perkuat Kerja Sama, Wapres AS Temui PM India

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 12:00 WIB
Pertemuan itu juga merupakan momen perayaan bagi 4 juta diaspora India di AS dan warga India di tanah air yang bangga dengan Harris yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya