Jumat 19 Maret 2021, 13:41 WIB

Jokowi Dorong ASEAN Selesaikan Krisis Myanmar

Dhika Kusuma Winata | Internasional
Jokowi Dorong ASEAN Selesaikan Krisis Myanmar

AFP/STR
Demonstran terlibat bentrok dengan polisi dalam aksi demonstrasi di Yangon, Myanmar.

 

PRESIDEN Joko Widodo menyatakan Indonesia mendesak dilakukannya dialog untuk memulihkan demokrasi, perdamaian, dan stabilitas di Myanmar yang saat ini tengah dilanda krisis. Keterlibatan ASEAN dibutuhkan untuk mencari solusi demi terwujudnya rekonsiliasi.

"Indonesia juga mendesak agar dialog rekonsiliasi segera dilakukan untuk memulihkan demokrasi, memulihkan perdamaian, dan memulihkan stabilitas di Myanmar. Saya akan segera melakukan pembicaraan dengan Sultan Brunei Darussalam sebagai Ketua ASEAN agar segera dimungkinkannya diselenggarakan pertemuan tingkat tinggi ASEAN," kata Jokowi dalam pernyataan terkait krisis Myanmar di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (19/3).

Jokowi turut mengungkapkan simpatinya kepada korban kekerasan di Myanmar. Presiden menegaskan Indonesia mendesak kekerasan yang terjadi di Myanmar segera disetop agar tidak lagi menelan korban jiwa.

Baca juga: Junta Militer Myanmar Tambahkan Tuduhan Suap terhadap Suu Kyi

"Indonesia mendesak agar penggunaan kekerasan di Myanmar segera dihentikan sehingga tidak ada lagi korban berjatuhan. Keselamatan dan kesejahteraan rakyat harus menjadi prioritas utama," imbuhnya.

Presiden pun juga menyampaikan duka cita mendalam dari rakyat Indonesia kepada warga Myanmar yang menjadi korban kekerasan akibat krisis yang terjadi.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita dan simpati yang mendalam kepada korban dan keluarga korban akibat penggunaan kekerasan di Myanmar," tutur Jokowi.

Myanmar, saat ini, tengah dilanda kudeta. Militer merebut pemerintahan dan menangkap sejumlah pejabat negara. Seratusan pengunjuk rasa dilaporkan meninggal dunia buntut dari kudeta yang terjadi sejak 1 Februari lalu itu. (OL-1)

Baca Juga

AFP/David Dee Delgado.

Kunjungan Biden ke Tempat Pembantaian Rasis akan Soroti Ekstremisme AS

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:26 WIB
Tersangka tampaknya menulis manifesto yang mempromosikan ide-ide supremasi kulit putih yang semakin...
Genya SAVILOV / AFP

Ditinggalkan Pasukan Rusia, Irpin Kembali Bersolek

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:00 WIB
Irpin, daerah yang bertetangga dengan ibu kota Ukraina, Kyiv, sebagian besar dihancurkan oleh pertempuran antara tentara Ukraina dengan...
AFP/OUSMANE MAKAVELI

Junta Mali Klaim Gagalkan Upaya Kudeta

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:57 WIB
Junta militer Mali pada Senin (16/5) mengatakan pihaknya menggagalkan upaya kudeta pekan lalu yang dipimpin oleh perwira militer dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya