Kamis 18 Maret 2021, 12:41 WIB

Junta Militer Myanmar Tambahkan Tuduhan Suap terhadap Suu Kyi

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Junta Militer Myanmar Tambahkan Tuduhan Suap terhadap Suu Kyi

AFP/STR
Aung San Suu Kyi

 

REZIM militer Myanmar memberi lebih banyak dakwaan terhadap pemimpin yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, sebagai salah satu upaya membenarkan kudeta pada 1 Februari lalu dan memastikan perempuan tersebut tetap berada di balik jeruji besi.

Junta mendakwa Suu Kyi karena melanggar undang-undang antikorupsi, yang diancam hukuman penjara maksimal 15 tahun, menurut siaran di MRTV yang dikelola pemerintah.

Keputusan ini menambah empat dakwaan lain yang sebelumnya diajukan junta ke pengadilan di Naypyitaw.

Baca juga: PBB Minta Kumpulkan Bukti Dokumenter Kejahatan Militer Myanmar

Siaran MRTV menunjukkan cuplikan video Say Paing Construction Maung Weik yang mengatakan bahwa dia membayar US$550.000 kepada Suu Kyi di kediamannya dalam empat gelombang dari 2018 hingga April tahun lalu agar dapat melakukan proyeknya dengan lancar. Namun dia mengatakan bahwa tidak ada saksi.

Pihak berwenang telah mencegah Suu Kyi bertemu dengan tim kuasa hukumnya, yang membantah melakukan kesalahan dan menganggap semua tuduhan itu bersifat politis.

Sidang pengadilan untuk Suu Kyi yang dijadwalkan pada Senin (15/3) ditunda akibat masalah internet di pengadilan karena rezim memutus komunikasi untuk membendung protes nasional yang telah menewaskan lebih dari 200 orang.

Junta menuduh Suu Kyi menggunakan sejumlah dana yang disumbangkan ke Daw Khin Kyi Foundation untuk keuntungan pribadi, menyewa tanah milik negara untuk kantor yayasan, dan membeli tanah untuk pusat pelatihan kejuruan di Naypyitaw dengan harga lebih rendah dari harga pasar.

Sebelumnya, dia didakwa berdasarkan Undang-Undang Ekspor-Impor, Undang-Undang Penanggulangan Bencana Alam, Undang-Undang Telekomunikasi dan Penghasutan di bawah bagian hukum pidana era kolonial. (Straits Times/OL-1)

Baca Juga

AFP/David Dee Delgado.

Kunjungan Biden ke Tempat Pembantaian Rasis akan Soroti Ekstremisme AS

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:26 WIB
Tersangka tampaknya menulis manifesto yang mempromosikan ide-ide supremasi kulit putih yang semakin...
Genya SAVILOV / AFP

Ditinggalkan Pasukan Rusia, Irpin Kembali Bersolek

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:00 WIB
Irpin, daerah yang bertetangga dengan ibu kota Ukraina, Kyiv, sebagian besar dihancurkan oleh pertempuran antara tentara Ukraina dengan...
AFP/OUSMANE MAKAVELI

Junta Mali Klaim Gagalkan Upaya Kudeta

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 09:57 WIB
Junta militer Mali pada Senin (16/5) mengatakan pihaknya menggagalkan upaya kudeta pekan lalu yang dipimpin oleh perwira militer dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya