Kamis 04 Maret 2021, 12:25 WIB

Aktivis Myanmar Berjanji Gelar Aksi Protes Lebih Besar

 Nur Aivanni | Internasional
Aktivis Myanmar Berjanji Gelar Aksi Protes Lebih Besar

STR / AFP
Para demonstran lari berhamburan untuk menghindari gas air mata yang ditembakkan polisi di Mandalay, Myanmar, Rabu (3/3).

 

PARA aktivis pro-demokrasi Myanmar, pada Kamis, berjanji untuk mengadakan lebih banyak demonstrasi, setelah PBB mengatakan 38 orang telah tewas di hari kerusuhan paling kejam sejak kudeta militer bulan lalu.

Polisi dan tentara, kata saksi mata, melepaskan tembakan dengan peluru tajam ke arah para demonstran pada Rabu (4/3) dengan sedikit peringatan.

Pertumpahan darah terjadi sehari setelah negara-negara tetangga menyerukan untuk menahan diri setelah militer menggulingkan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

"Kami tahu bahwa kami selalu bisa ditembak dan dibunuh dengan peluru tajam tapi tidak ada artinya tetap hidup di bawah junta, jadi kami memilih jalan berbahaya ini untuk melarikan diri," kata aktivis Maung Saungkha kepada Reuters.

"Kami akan melawan junta dengan cara apapun yang kami bisa. Tujuan akhir kami adalah untuk menghapus sistem junta dari akarnya," kata Maung Saungkha, yang mengatakan kelompok komite pemogokan umum kebangsaan berencana mengadakan aksi protes pada Kamis.

Unggahan di media sosial dari aktivis lain mengatakan setidaknya dua demonstrasi lain juga direncanakan di beberapa bagian Yangon.

Utusan khusus PBB untuk Myanmar Christine Schraner Burgener mengatakan di New York bahwa hari Rabu adalah hari paling berdarah sejak kudeta 1 Februari dengan 38 kematian, sehingga total korban menjadi lebih dari 50 saat militer mencoba memperkuat kekuasaannya. (CNA/Nur/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

AS Rilis Laporan Kebebasan Beragama Internasional 2020

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:30 WIB
AS berkomitmen untuk membela kebebasan beragama dan berkeyakinan, sejak berabad-abad lalu dan berlanjut sampai hari...
AFP / MARWAN NAAMANI

Percepat Vaksin, Dubai bakal Izinkan Hotel Beroperasi Penuh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:25 WIB
Dubai yang termasuk dalam Uni Emirat Arab (UEA) dikabarkan masuk dalam negara yang cepat dalam penyuntikkan vaksinasi secara...
AFP/MOHAMMED ABED

Krisis Membayangi Jalur Gaza

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:46 WIB
Enam dari 10 jalur listrik Gaza padam dan pasokan telah lebih dari setengahnya, menurut juru bicara Perusahaan Distribusi Listrik Gaza...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya