Senin 30 November 2020, 22:06 WIB

Siapakah Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh yang Dibunuh? (Bagian 1)

Mediaindonesia.com | Internasional
Siapakah Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh yang Dibunuh? (Bagian 1)

AFP/Atta Kenare
.

 

ILMUWAN nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, tidak banyak diketahui sebelum kematiannya. Akan tetapi satu hal yang pasti dengan pembunuhannya yang dituduhkan Iran kepada Israel, yaitu dia punya posisi penting.

Pria yang dituduh Israel sebagai bapak program senjata nuklir Iran cukup senior sehingga dapat bertemu dengan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei pada Januari 2019. Ini berdasarkan gambar resmi yang dirilis setelah kematiannya.

Fakhrizadeh juga cukup penting untuk dibunuh pada Jumat dalam serangan siang hari di jalan utama di luar ibu kota Teheran.

Setelah kematiannya, Menteri Pertahanan Amir Hatami menyebut Fakhrizadeh sebagai wakil menteri dan kepala Organisasi Riset dan Inovasi Pertahanan (SPND) kementerian.

Jadi apa yang kita ketahui tentang karya ilmuwan nuklir berusia 59 tahun, berjanggut, dan berkacamata itu?

Apakah dia pejabat senior yang mengelola pertahanan nuklir dan melakukan pekerjaan ekstensif di bidang ini yang telah memainkan peran penting dalam inovasi pertahanan seperti yang dikatakan Hatami?

Ataukah dia, seperti yang dituduhkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada April 2018, kepala program senjata nuklir rahasia yang keberadaannya selalu disangkal oleh republik Islam itu dengan keras?

Karim Sadjadpour dari lembaga pemikir Amerika Serikat, Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun untuk melihat dampak penuh dari kematiannya.

"Mereka yang benar-benar memahami perannya sehari-hari dalam aktivitas nuklir Iran itu tidak berbicara dan mereka yang berbicara tidak tahu," tulisnya di Twitter. (AFP/OL-14)

Baca Juga

 Adam TAYLOR / PRIME MINISTER OFFICE AUSTRALIA / AFP

Australia Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19, Pfizer-BioNTech

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 15:31 WIB
Regulator kesehatan Australia merupakan salah satu yang pertama di dunia dalam menyelesaikan persetujuan secara komprehensif untuk vaksin...
AFP

Ribuan Warga Brasil Demo Minta Presiden Dimakzulkan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:46 WIB
RIBUAN warga Brasil turun ke jalan dengan mobil mereka untuk menuntut pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro atas penanganan pandemi covid-19...
Dok. Istimewa

ASN Kemenkum dan HAM Kalbar Diingatkan untuk Jaga Integritas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 13:16 WIB
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, serta pada UPT...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya