Kamis 22 Oktober 2020, 16:43 WIB

Intelijen Amerika Endus Iran dan Rusia Ganggu Pilpres

Mediaindonesia.com | Internasional
Intelijen Amerika Endus Iran dan Rusia Ganggu Pilpres

AFP/Andrew Harnik
.

 

RUSIA dan Iran disebut-sebut bersama-sama berusaha mengganggu pemilihan presiden Amerika Serikat 2020. Hal tersebut disampaikan Badan Intelijen Nasional Amerika Serikat.

"Kami telah memastikan bahwa beberapa informasi pendaftaran pemilih telah diperoleh oleh Iran dan secara terpisah oleh Rusia," Direktur Badan Intelijen Nasional Amerika Serikat, John Ratcliffe, Rabu (21/10), dalam konferensi pers yang diatur dengan tergesa-gesa.

Pihaknya mengaku sudah melihat Iran mengirimkan surat-surat elektronik palsu. Ini dirancang untuk mengintimidasi para pemilih, menghasut kerusuhan sosial, dan merugikan Presiden Trump.

Menurut sumber pemerintah, Ratcliffe mengacu pada surat elektronik yang dikirim pada Rabu (21/10). Surat tersebut, katanya, dirancang agar terlihat seperti berasal dari kelompok Proud Boys yang pro-Trump.

Badan-badan intelijen AS sebelumnya memperingatkan bahwa Iran mungkin ikut campur untuk membahayakan posisi Trump. Sebaliknya, Rusia berusaha membantu presiden petahana itu dalam pemilihan.

Para pakar di luar badan intelijen mengatakan bahwa jika Ratcliffe benar, Iran akan berusaha membuat Trump terlihat buruk. Surat elektronik tersebut sedang diselidiki.

Satu sumber intelijen mengatakan masih belum jelas dalang di balik aksi pengiriman surat itu. Sejumlah surat elektronik disertai dengan video yang kebenarannya ditepis para ahli.

Video tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan cara surat suara palsu dapat dikirimkan. Sebagian besar informasi soal pendaftaran pemilih boleh diketahui publik. (Ant/OL-14)

Baca Juga

ASHRAF SHAZLY / AFP

PM Ethiopia Klaim Pertempuran di Tigray Selesai

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 29 November 2020, 08:32 WIB
Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed  mengatakan bahwa operasi militer di wilayah Tigray selesai setelah tentara mengklaim kendali...
MI/Pius Erlangga

Pertukaran Pemuda Untuk Tingkatkan SDM dan Diplomasi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 29 November 2020, 07:34 WIB
Program pemuda internasional ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, namun juga untuk mendukung...
AUDU MARTE / AFP

Boko Haram Kembali Bunuh 43 Buruh Tani

👤Siswantini Suryandari 🕔Minggu 29 November 2020, 06:36 WIB
Kelompok pejuang  Boko Haram menewaskan sedikitnya 43 buruh tani  dan melukai enam lainnya di sawah dekat kota Maiduguri di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya