Minggu 06 September 2020, 16:39 WIB

Pesawat Ruang Angkasa Tiongkok Sukses Mendarat

mediaindonesia.com | Internasional
Pesawat Ruang Angkasa Tiongkok Sukses Mendarat

AFP
Ilustrasi

 

PESAWAT ruang angkasa eksperimental Tiongkok, yang dapat digunakan kembali dan diluncurkan ke orbit dua hari lalu, Minggu (6/9) sukses mendarat di situs yang ditentukan.

Misi itu menjadi sebuah terobosan yang dapat mengarah pada perjalanan pulang pergi ke luar angkasa dengan biaya yang lebih murah, lapor kantor berita Xinhua.

Misi tersebut dirahasiakan dan media pemerintah belum membocorkan foto atau pun tayangan video baik dari peluncuran maupun pendaratan pesawat ruang angkasa tersebut. Tak ada penjelasan mengenai teknologi yang telah diujikan. 

Media sosial Tiongkok ramai dengan spekulasi pesawat ruang angkasa tersebut. Sejumlah komentator membandingkannya dengan X-37B milik Angkatan Udara AS, yaitu pesawat luar angkasa otonom buatan Boeing yang masih dapat berada di orbit dalam jangka waktu lama sebelum kembali ke Bumi.

Baca juga : 16 Tewas Dalam Ledakan di Masjid Bangladesh

Tiga tahun lalu, Tiongkok mengatakan akan meluncurkan pesawat ruang angkasa pada 2020, yang bisa terbang seperti pesawat dan dapat dipakai berulang. Pesawat seperti itu ditujukan untuk menambah frekuensi peluncuran dan menurunkan biaya misi.

Belum diketahui apakah pesawat angkasa yang diluncurkan oleh Tiongkok merupakan pesawat bersayap seperti pesawat Ulang Alik AS. Jika sama dengan X-37B, maka ukurannya sekitar seperlima dari ukuran Ulang Alik.

Pesawat angkasa Tiongkok diluncurkan ke orbit pada Jumat (4/9) dengan menggunakan Long March 2F, jenis roket pembawa pesawat ruang angkasa Shenzhou pada misi berawak dan tanpa awak selama bertahun-tahun.

Seorang warga Tiongkok secara mandiri menjelajah ke luar angkasa untuk pertama kalinya pada 2003 dengan menggunakan Shenzhou. (OL-2)

 

 

 

Baca Juga

AFP

Usai Bentrokan, Guangzhou Cabut Aturan Pembatasan Sosial Covid-19

👤 Cahya Mulyana 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:25 WIB
Di Kota Guangzhou dan Chongqing, Tiongkok, sempat menjadi tempat bentrokan antara demonstran dan polisi pada Selasa...
AFP

IS Umumkan Kematian Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:15 WIB
KELOMPOK Negara Islam (IS) mengatakan pemimpinnya Abu Hasan al-Hashimi al-Qurashi telah tewas dalam...
OSCAR DEL POZO / AFP

Kantor Kedutaan Ukraina di Spanyol Dapat Kiriman Bom dan Meledak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 01 Desember 2022, 09:04 WIB
Ledakan bom hanya melukai petugas keamanan Kedutaan Ukraina di Mandrid, Spanyol. Petugas korban ledakan telah kembali...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya