Sabtu 16 November 2019, 10:35 WIB

Provinsi Xinjiang Edukasi Bahaya Terorisme lewat Pameran

Usman Kansong | Internasional
 

PEMERINTAH Provinsi Xinjiang mengadakan ekshibisi peristiwa terorisme yang pernah terjadi di provinsi tersebut. Ekshibisi berlangsung di Xingiang International Convention and Exhibition Center di Kota Urumqi, Provinsi Otonomi Xingiang Uygur, provinsi di Tiongkok yang 11 juta penduduknya beragama Islam.

Pameran berlangsung sejak tahun lalu hingga beberapa tahun ke depan. Pameran menampilkan 41 peristiwa terorisme yang terjadi sejak 1992 hingga 2015.

Para teroris yang umumnya mengatasnamakan agama itu melakukan serangan dengan senjata tajam, senjata api, bahan peledak rakitan, racun  atau menabrakkan mobil ke kerumunan.

Pameran menampilkan foto dan video peristiwa maupun korban terorisme, senjata serta bahan peledak yang digunakan teroris. Sejumlah foto dan video menampilkan peristiwa dan korban terorisme secara vulgar seperti apa adanya. Karena itu, anak-anak tidak diizinkan menyaksikan pameran ini.


Baca juga: Wagub Xinjiang Menyesalkan Terorisme Medan

Tujuan pameran ini ialah mengedukasi masyarakat Xinjiang bahwa terorisme sangat kejam, merugikan rakyat, dan mengoyak harmoni masyarakat.

Rombongan dari Indonesia yang dipimpin Direktur Utama Adaro Garibaldi Thohir berkesempatan mengunjungi pameran itu, Jumat (15/11).

Sejak akhir 2015, tidak terjadi lagi peristiwa terorisme di Xinjiang. Menurut Wakil Gubernur Xinjiang, Arken Tuniyazi, itu antara lain karena pemerintah melaksanakan deradikalisasi.

"Kami melakukan deradikalisasi antara lain melalui pendidikan agama, hukum, dan konstitusi serta sejarah dan kebudayaan," kata Arken saat menjamu delegasi dari Indonesia untuk makan malam di Kantor Gubernur di Kota Urumqi, Jumat (15/11) malam. (OL-1)

Baca Juga

al-shabaka.org

Kasus Baru Positif Covid-19 di Palestina Tembus 1.911 Kasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:55 WIB
Palestina pada Selasa (13/4) mencatat 1.911 kasus baru Covid-19 dan 18 kematian, menurut Menteri Kesehatan Mai...
Dok Kemlu

KJRI Los Angeles Gelar Vaksinasi untuk WNI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:35 WIB
kegiatan tersebut diselenggarakan di United Indonesian Seventh-day Adventist Church (UNISDAC), Fontana, San Bernardino...
france24.com

Korsel Menentang Rencana Jepang Buang Air Stasiun Nuklir ke Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 22:30 WIB
Korsel sedang eksplorasi untuk  pengajuan petisi ke pengadilan internasional atas keputusan Jepang untuk membuang air dari stasiun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya