Rabu 25 Januari 2023, 17:48 WIB

Jokowi Hadirkan Pemerataan Pendidikan Melalui Pembangunan Kampus-Kampus Di Daerah

Widhoroso | Humaniora
Jokowi Hadirkan Pemerataan Pendidikan Melalui Pembangunan Kampus-Kampus Di Daerah

DOK MI
Ilustrasi

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) terus berkomitmen untuk mewujudkan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan Jokowi adalah dengan membangun kampus-kampus di daerah.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Abdu Rachim mengapresiasi upaya Jokowi dalam menghadirkan pemerataan pendidikan. Menurutnya pembangunan kampus di daerah adalah salah satu solusi jitu untuk merealisasikan pendidikan yang merata di seluruh penjuru Nusantara.

"Sejauh ini memang usaha pemerintah (Jokowi) itu luar biasa. Pembangunan kampus-kampus baru, kemudian peralihan status dari kampus swasta menjadi kampus negeri itu menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah mewujudkan pemerataan pendidikan," ujar Dedie seusai menghadiri seminar nasional di Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Program beasiswa juga menjadi strategi Jokowi dalam mewujudkan pemerataan pendidikan. Dedie menyebut di era Jokowi akses pendidikan tinggi sangat diutamakan.

"Program beasiswa dari pemerintah (Jokowi) tentu menjadi salah satu jalan keluar dari persoalan ekonomi keluarga yang kurang mampu untuk bersekolah," kata Dedie.

Ia berharap program beasiswa yang sudah masif dilakukan Jokowi bisa makin digencarkan, khususnya pada kepemimpinan selanjutnya. Sebab menurut Dedie, berkat gagasan beasiswa dari Jokowi, telah lahir generasi-generasi muda yang memiliki kompetensi serta keterampilan yang mumpuni.

"Beasiswa ini harapannya tentu bisa terus digencarkan seluas luasnya kepada semua tingkatan masyarakat. Upaya pemerintah (Jokowi) ini akan menghasilkan generasi muda yang memiliki pengetahuan sekaligus bekal di masa depan," ujarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat saat ini ada 3.115 perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Lebih dari 90 persen di antaranya berstatus swasta atau mencapai 2.990 kampus, sedangkan 125 sisanya adalah perguruan tinggi negeri (PTN).

Jumlah PTN tersebut meningkat sebanyak 42 dari 2017. Di mana di tahun  2017 terdata hanya ada 83 PTN. (RO/OL-15)

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya