Sabtu 26 November 2022, 14:55 WIB

Alumnus UMJ Harus Bisa Memberikan Manfaat Dan Kontribusi Untuk Bangsa

Naufal Zuhdi | Humaniora
Alumnus UMJ Harus Bisa Memberikan Manfaat Dan Kontribusi Untuk Bangsa

dok.UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kembali melaksanakan Prosesi Wisuda untuk semua jenjang dengan jumlah 2.129 wisudawan.

 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Jakarta (UMJ) kembali melaksanakan Prosesi Wisuda Lulusan UMJ untuk semua jenjang dengan jumlah 2.129 wisudawan. Wisuda kali ini bertepatan dengan Milad UMJ ke-67 tahun sejak berdiri pada November 1955.

Rektor UMJ, dr. Ma'mun Murod Al-Barbasy mengatakan bahwa UMJ selalu konsisten tidak hanya memberikan bekal ilmu pendidikan akademik dan terampil sesuai disiplin ilmu yang ada, serta mengikuti perkembangan ilmu global, namun juga tentunya dan menjadi utama adalah membekali akhlak melalui kegiatan keagamaan dan sosial.

"Semoga visi terkemuka, modern dan Islami selalu terwujud dan melekat bagi UMJ dan dapat selalu mewadahi kebermanfaatan kepada mahasiswa-mahasiswi lebih luas lagi," ucapnya dikutip pada Sabtu (26/11).

Pada momen yang berbahagia tersebut, Ma'mun mengucapkan selamat atas capaian kelulusan segenap wisudawan pada semua jenjang.

"Rasa bahagia atas pencapaian saudara ini tentu tidak hanya bagi saudara dan keluarga, tetapi juga merupakan kebanggaan bagi keluarga besar UMJ yang telah berhasil mencetak lulusan-lulusan yang Insya Allah telah siap untuk berkontribusi dan menebar manfaat bagi umat, agama dan bangsa," tutur Ma'mun.

Ia berpesan bahwa wisuda ini bukanlah akhir dari perjuangan dari wisudawan yang telah mengemban pendidikan di universitas, melainkan sebagai awal bagi para wisudawan untuk terjun dan menghadapi dunia sesungguhnya dengan segenap jiwa dan raga.

"Tetaplah mengembangkan diri dengan bekal keilmuan dan pengalaman yang mumpuni, serta tentunya tetap mengasah akal dengan ilmu, mengasah hati dengan agama, dan mengasah diri dengan keterampilan-keterampilan," tegasnya.

Di lain sisi, Wakil Rektor III UMJ, dr. Rini Fatma Kartika berpesan kepada mahasiswa yang masih berkuliah untuk segera menyelesaikan kuliah, sedangkan untuk para wisudawan ia berharap agar langsung terserap di dunia kerja.

"Untuk mahasiswa yang masih kuliah tentu dengan kegiatan wisuda ini memotivasi mereka untuk menyegerakan selesai kuliahnya karena itupun menjadi target kampus bahwa mahasiswa itu bisa lulus tepat waktu. Untuk para wisudawan tentu dengan lulus dari UMJ diharapkan bisa langsung terserap di dunia industri dan dunia kerja dan mudah-mudahan apa yang mereka enyam di bangku kuliah bisa dimanfaatkan," jelas Rini.

Menurut Rini, program Kampus Merdeka yang diadakan oleh Pemerintah bisa mempengaruhi proses pembelajaran untuk siswa dan mereka juga mempunyai kesempatan magang di dunia industri.

"Setelah adanya program merdeka belajar mereka akan switching tempat kuliah, misalnya mereka kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta atau dimanapun, itu menambah wawasan mereka, suasana dan lingkungan itu mempengaruhi proses pembelajaran tersebut. Kalau untuk di dunia industri, mereka ada kesempatan untuk magang, kesempatan itu jadi tahu bagaimana dunia kerja, sehingga ketika mereka nanti lulus, mereka punya kompetensi dari sisi keilmuan, yang mana bisa diterapkan di dunia kerja itu sudah lebih siap lagi," ungkap Rini.

UMJ menerapkan caturdharma dalam perguruan tingginya, ada tambahan yaitu al-islam Kemuhammadiyahan. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat tentu diharapkan dapat membangun kompetensi mahasiswa UMJ selain berilmu tentu berakhlaqul karimah, mengedepankan nilai kejujuran, hal itu menjadi sangat penting ketika seseorang itu bekerja. (OL-13)

Baca Juga: Di Dies Natalis 1, UBTH Tasikmalaya Siap Hadapi Perubahan Zaman

Baca Juga

Dok. Pribadi

Peraih Medali Worldskills Hengky Sanjaya Raih Summa Cum Laude di Binus International

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 14:43 WIB
Pemegang predikat Summa Cum Laude mempunyai nilai yang sempurna pada setiap mata kuliah, lulus tepat waktu serta tidak pernah gagal dalam...
Ist

Banyak Kalangan Muda Salah Persepsi Soal Gangguan Saraf

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 14:28 WIB
Klinik Pintar sebagai startup yang berfokus pada teknologi kesehatan meluncurkan kampanye Gerakan Sadar Saraf di Usia...
Dok. ASTON

Aston Sentul Lake Resort & Conference Center Hadirkan Romantic 5 Course Valentine Dinning

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 14:04 WIB
“Bertempat di Pool Terrace yang terletak di lantai 3. Dengan harga Rp818,000++ untuk dua orang termasuk hidangan pembuka; romantic...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya