Sabtu 26 November 2022, 08:30 WIB

Ini Obat Sembelit untuk Bayi dan Dewasa, Dijual di Warung dan Apotek

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Ini Obat Sembelit untuk Bayi dan Dewasa, Dijual di Warung dan Apotek

123RF
Ilustrasi susah buang air besar (BAB)

 

SUSAH buang air besar atau BAB atau sembelit disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya diet kurang sehat, jarang beraktivitas hingga kurang minum air.

Jika mendapati kondisi demikian, Anda dapat mengonsumsi laksatif atau obat pencahar untuk mengatasi masalah tersebut. Obat pencahar dapat dengan mudah ditemui di apotek atau toko-toko lainnya. 

Berikut adalah contoh obar pencahar yang mampu mengobati sembelit untuk bayi dan dewasa.

1. Dulcolax Tablet

Obat ini biasanya digunakan untuk mengosongkan usus sebelum proses operasi. Obat ini juga dapat memberikan rasa lega dari konstipasi yang membuat perut tidak nyaman. Dulcolax mengandung bahan aktif Bisakodil yang merangsang kerja dan kontraksi usus besar sehingga dapat mengeluarkan feses sekaligus. Tablet ini umumnya bekerja setelah 6–12 jam setelah diminum. Disarankan untuk tidak memberikan obat ini kepada anak di bawah usia 4 tahun. Tablet harus ditelan secara utuh dan tidak boleh diminum bersamaan dengan susu, antasida atau zat proton pump inhibitor lainnya.

2. Lactulax Sirop

Kandungan lactulose yang merupakan gula dari senyawa fruktosa dan galaktosa dapat membantu meningkatkan kadar air dalam usus besar untuk melunakkan feses. Hasilnya, kamu akan lebih mudah buang air besar. Agar lebih efektif, pastikan mengonsumsi banyak air putih dengan obat sembelit tersebut.

3. Laxadine Sirop

Zat aktif dalam laxadine yaitu Phenolphtalein, Paraffin cair, dan Gliserin dapat mendukung kerja usus dengan melicinkan jalan dan menambahkan volume feses untuk mengobati masalah sembelit. Hindari penggunaan jangka lama terus menerus karena dapat membuat tubuh kekurangan cairan, lemah otot dan penurunan berat badan. Hentikan penggunaan obat jika terjadi gangguan perut mual dan muntah. Ibu hamil dan menyusui, anak <6 tahun serta lanjut usia perlu petunjuk dokter.

4. Microlax

Microlax tersedia dalam bentuk tube berisi gel yang dimasukkan melalui dubur atau anus. Bahan utama obat pencahar Microlax antara lain natrium lauril sulfoasetat, sorbitol, dan PEG 400. Kombinasi dari bahan tersebut ampuh untuk menurunkan tegangan permukaan feses. Obat ini cocok digunakan oleh anak di atas 3 tahun.

5. Vegeta Herbal

Suplemen ini mengandung kombinasi serat dan laksatif alami dari tumbuhan herbal yang efektif melancarkan kerja usus dan membersihkan tubuh dari racun. Konsultasi ke dokter jika digunakan bersama dengan obat lain. Dianjurkan untuk memberikan selang waktu 2–3 jam antarpemberian oral obat lain dengan produk ini. Tidak boleh diberikan pada penderita gangguan pencernaan. Pengguna harus disertai minum air putih minimal 8 gelas sehari. Tidak boleh digunakan tanpa air.

6. Laxing Tablet

Laxing dapat membantu mengatasi masalah sembelit tanpa rasa mulas dan diare. Setiap tablet terbuat dari ekstrak tanaman herbal seperti Senna, lidah buaya, dan Foeniculi yang cenderung aman. Anda dapat meminum 1-2 kapsul Laxing sebelum tidur untuk melancarkan BAB.

7. Kompolax

Pencahar jenis sirup ini dapat melembekkan feses di saat konstipasi dengan zat aktif paraffin cair, phenolphthalein, dan gliserol. Tidak untuk ibu hamil dan menyusui, serta anak usia kurang dari 6 tahun. Hindari pemakaian terus-menerus.pemakaian jangka panjang karena dapat menyebabkan diare, mual, muntah. Reaksi alergi pada kulit.

8. Syifa Kids Mbelit

Dibuat untuk anak, Syifa Kids memiliki komposisi alami dengan rasa madu sehingga mudah ditelan anak. Obat ini juga dapat mengatasi perut kembung dan masuk angin yang kerap dialami oleh anak-anak.

9. Maximus Dietary Herbal

Obat ini menggunakan serat dan ekstrak tanaman Plantago Ovata dan Senna yang dapat mengatasi konstipasi kronis dan mengobati wasir. Konsumsi Maximus harus dengan minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari.

10. Dulcolactol Sirop

Obat sirop ini dapat dicampur dengan air, sari buah, atau susu untuk menghilangkan rasa obatnya yang pahit. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga lansia dengan dosis yang tepat. 

11. Litoxa

Litoxa merupakan salah satu obat herbal yang cocok untuk melancarkan BAB. Anda dapat meminum 1-2 kapsul pada malam hari atau sebelum tidur. 

12. Custodiol

Custodiol mengandung Bisacodyl 5 mg yang berguna untuk membersihkan usus untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Obat ini bekerja dengan meningkatkan gerak usus dan membantu tinja untuk keluar. Obat ini juga sering digunakan sebelum operasi untuk mengosongkan usus pasien.

Pengobatan Sembelit di Rumah;

1. Menambah asupan serat
2. Mengonsumsi air putih yang banyak
3. Memperbanyak olahraga
4. Menhindari kebiasaan menahan BAB
5. Menggunakan garam Epsom
6. Meminum minyak zaitun
7. Mengonsumsi kafein
(OL-5)

Baca Juga

Dok. DPR RI

DPR dan LSPR Jepang Rancang Kolaborasi Tangani Mental Disorder

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:30 WIB
Dia mengungkapkan DPR berkepentingan terutama Komisi VII dengan Kementerian Sosial dan di Komisi IX dengan Kementerian...
Freepik.com

Self Love Bermanfaat Tingkatkan Produktivitas

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:16 WIB
"Saat kita punya self love saya percaya justru prestasi kita akan naik untuk mencapai goal atau tujuan hidup dengan seimbang,"...
Dok. Kalbe Farma

Kalbe, Budi Luhur, dan ITL Trisakti Gelar Edukasi Pengolahan Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:05 WIB
"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya