Kamis 24 November 2022, 19:35 WIB

Tidur Nyenyak Berperan Penting untuk Perkembangan Otak Bayi

mediaindonesia.com | Humaniora
Tidur Nyenyak Berperan Penting untuk Perkembangan Otak Bayi

Ist/Ilustrasi
Ilustrasi. Bayi yang sedang tidur nyenyak.

 

TIDUR adalah aktivitas utama otak sepanjang awal perkembangan bayi dan memegang peranan penting dalam maturasi otak.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas tidur bayi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), periode tidur bayi hingga 1 tahun yang ideal adalah 14 hingga 15 jam.

Sementara itu, periode tidur bayi usia 1 hingga 3 tahun yang ideal adalah 12 jam. Dari waktu tidur ini, periode terlama tidur bayi adalah di malam hari, yaitu selama 8 jam.

Namun, periode tidur di malam hari ini sering terganggu selain karena menyusu, bayi juga sering terbangun karena popok sudah penuh dan bocor.

Hal ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan tidur tidak nyenyak. Tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur bayi, kualitas tidur Ibu juga terganggu karena harus mengganti popok bayi lebih sering di malam hari.

Padahal, Ibu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memproduksi ASI dan mencegah masalah nifas selama periode postpartum.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan,“Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit."

Baca juga: Bayi yang Lahir Prematur Bisa Dikenali dari Daun Telinga

"Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok," katanya.

"Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi,” jelas dr.S.T.Andreas.

"Berangkat dari masalah tersebut, perusahaan Makuku meningkatkan daya tampung dan kualitas popok Makuku SAP Diapers Slim dan Makuku SAP Diapers Comfort," kata Branding Director Makuku, Lucky Zheng, dalam keterangan, Kamis (24/11).

Makuku SAP Diapers Slim memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml.

Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur Makuku SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran.

Sementara volume urine bayi sendiri sekitar 60 – 100 ml sehingga daya tampung Makuku SAP Diapers Slim ini sangat baik.

"Selain Makuku SAP Diaper Slim, Makuku SAP Diapers Comfort juga meningkatkan daya tampung yang sebelumnya hanya 250ml menjadi 400ml," jelas Zheng.

Untuk penyebaran penyerapan yang lebih optimal, Makuku SAP Diapers Comfort memperluas lebar permukaan dari 11cm menjadi 11,5cm.

Sementara itu, untuk meminimalisir kebocoran pada bagian samping, Makuku SAP Diapers Comfort memperbaharui panjang tepi popok dari 4cm menjadi 4,5cm.

“Sebagai Top Brand dalam kategori Diapers Baby Kesayangan dari Mom & Kids Choice Award, peningkatan daya tampung popok pada Makuku SAP Diapers Slim dan Makuku SAP Diapers Comfort tidak hanya ditujukan bagi peningkatan kualitas tidur yang ideal bagi bayi, tetapi juga untuk menjaga kualitas tidur yang baik bagi Ibu," papar Zheng.

Selain daya tampungnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi, Makuku SAP Diapers Slim dan Makuku SAP Diapers Comfort juga meningkatkan kualitasnya dengan teknologi inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer).

"Teknologi ini mampu menyerap lebih banyak cairan dan menguncinya sehingga menekan risiko ruam popok,” kata Zheng.

Momfluencer, Talita Crustita mengatakan,"Saya sudah cukup lama menggunakan popok Makuku. Apalagi saat ini setelah kapasitas popok dan kualitasnya ditingkatkan, saya merasa semakin cocok menggunakan popok Makuku SAP Diapers Slim dan Makuku SAP Diapers Comfort.”

Momfluencer, Sri Margaretha C Sagala mengatakan,"Sebagai pengguna baru, saya merasa popok Makuku SAP Diapers Slim dan Makuku SAP Diapers Comfort berbeda dengan popok lainnya. Makuku memiliki daya serap yang tinggi dan tidak menyebabkan gumpalan pada popok.” (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

Ist

Peduli Jantung, RS Jantung Jakarta Gelar Fun Fit Play - Citos Sehat & Seru

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:40 WIB
Permasalahan penyakit jantung tidak hanya dihadapi Indonesia, kesehatan jantung juga menjadi masalah di banyak negara di...
ANTARA

79.5% Anak di Aceh Sudah Diimunisasi Polio

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:38 WIB
Berdasarkan laporan dari Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki di hari ke-6 pelaksanaan imunisasi polio serentak yakni pada (4/12) sudah mencapai...
BPMI Setpres

Program Jokowi Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 12:39 WIB
Jokowi menggagas program Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar seluruh masyarakat dapat meraih pendidikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya