Selasa 22 November 2022, 18:08 WIB

Kasus Polio di Pidie Aceh Bertambah Menjadi 3 Kasus

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kasus Polio di Pidie Aceh Bertambah Menjadi 3 Kasus

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin polio sebelum diberikan kepada seorang balita di Puskesmas Dago, Bandung, Jawa Barat.

 

KASUS polio di Kabupaten Pidie Aceh bertambah 2 kasus sehingga totalnya menjadi 3 kasus.

"Kita juga sudah identifikasi, kemarin nambah lagi jadi 3 di Pidie," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (22/11).

Polio tipe 2 keluar dalam 6 bulan terakhir di Amerika Serikat, Inggris, dan Israel. Padahal polio merupakan penyakit yang biasa terjadi di negara berkembang, namun karena pandemi dan jumlah vaksinasi dasar berkurang dan muncul di negara-negara tersebut.

Selain itu Budi juga mengakui munculnya polio di Aceh karena kurangnya vaksinasi polio. Jenis vaksin polio ada 2 yakni oral polio vaccine (OPV) untuk polio tipe 1 dan 3 dengan cara oral. Kemudian inactivated polio vaccine (IPV) untuk tipe 1,2, dan 3 dengan cara suntik.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19, Cegah Kerumunan saat Konser Musik

Di Aceh, sejak vaksin rubella penerimaan masyarakat terhadap vaksinasi dengan disuntik terdapat masalah akibatnya vaksin IPV suntik menjadi rendah. "Sehingga masyarakat menjadi rawan dan masuk itu polio tipe 2 di sana," ujar Budi.

Budi mengatakan pihaknya sudah mengirim tim ke Kabupaten Pidie dan sudah bersosialisasi dengan pemerintah daerah. Peran pemerintah setempat sangat penting untuk sosialisasi dan dorongan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi dasar lengkap.

"Kita akan segera menyapu kabupaten Pidie dengan vaksinasi polio dan mudah-mudahan bisa cepat kita tangani. Sebenarnya Indonesia harus sesuai bebas sama seperti Amerika, Inggris, dan Israel. Mudah-mudahan kita bisa tangani dengan cepat," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Medcom

Ternyata Pelaku Perundungan di Sekolah bukan Hanya Siswa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:45 WIB
"Ada oknum guru berdalih mendisiplinkan anak-anak yang menggunakan cara-cara kekerasan termasuk melakukan...
Medicaldaily

Rokok Bisa Hambat Tumbuh Kembang Janin

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:15 WIB
Semakin banyak asap rokok yang dihisap atau terisap ibu hamil selama masa kehamilan juga bisa membuat berat badan bayi saat lahir menjadi...
MI/Mesakh Ananta Dachi

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Perlindungan Korban Bom Astanaanyar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:20 WIB
Jaminan akan diberikan pascalaporan resmi dari kepolisian mengenai nama-nama korban, beserta keikutsertaan mereka dalam program BPJS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya