Selasa 08 November 2022, 15:06 WIB

Seberapa Sehatkah Mental Kamu? Saatnya Tes Kondisi Jiwamu

mediaindonesia.com | Humaniora
Seberapa Sehatkah Mental Kamu? Saatnya Tes Kondisi Jiwamu

Ist
Hoshael Waluyo Erlan, Psikolog & Mental Health Expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes.

 

RISET Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. Lebih dari 12 juta penduduk berusia di atas 15 tahun mengalami depresi.

Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada tahun 2016, diperoleh data bunuh diri per tahun sebanyak 1.800 orang.

Artinya, setiap hari ada 5 orang melakukan bunuh diri.Sebanyak 47,7% korban bunuh diri berusia 10-39 tahun – rentang usia anak remaja dan usia produktif.

“Berkat edukasi yang berkelanjutan dan banyaknya influencer yang menggaungkan, remaja zaman sekarang jadi lebih aktif mengulik dan menganalisa kesehatan mentalnya," ucap Hoshael Waluyo Erlan, Psikolog & Mental Health Expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes.

Dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/11), Hoshael menjelaskan,"Sayangnya, inisiatif ini kadang berujung pada self-diagnosis. Masih ada rasa tabu untuk membicarakan gangguan mental yang dirasakan ke ahlinya."

Baca juga: Lima Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Gen Z

"Padahal, diagnosa wajib ditegakkan oleh ahlinya karena sembarangan self-diagnosis dapat mencetuskan keputusan yang keliru,” ucap Hoshael Waluyo Erlan, Psikolog & Mental Health Expert, yang bekerja sama dengan Positive Vibes.

 Hal inilah yang mendorong Dailybox dan Positive Vibes untuk berkolaborasi membuka ruang diskusi kesehatan mental dengan pakar ahli.

Berdiri pada 2015, Positive Vibes memiliki misi untuk menciptakan lingkungan komunitas yang lebih positif di media sosial.

Organisasi ini kerap memberikan edukasi dan menyuarakan tentang perilaku positif, termasuk dalam menyikapi kesejahteraan mental.

Dailybox dan Positive Vibes mempersembahkan #SelaluAdaRasadiSetiapKata – sebuah kampanye untuk menormalisasi diskusi seputar kesehatan mental yang akan diadakan pada 12 November 2022, mulai pukul 13.00, di Multifunction Hall Gedung Sarinah Thamrin.

Selama kampanye berlangsung, pengunjung dan para pelanggan Dailybox dapat mengikuti tes gratis untuk mengetahui seberapa sehatkah dirinya secara mental. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pelibatan Disabilitas dalam Pembangunan Infrastruktur masih Minim

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 19:30 WIB
Karena belum banyak melibatkan peran kelompok disabilitas mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. Sehingga masih banyak...
Dok.MI

Infrastruktur Inklusif Untuk Disabilitas Masih Minim

👤Naufal Suhdi 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:55 WIB
Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia, Gufron Sakaril mengatakan Infrastruktur yang inklusif adalah infrastruktur yang ramah...
Ist

Teknologi Laser Terbaru Pulihkan Mata Rabun Lebih Cepat dan Nyaman

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:47 WIB
ReLEx SMILE PRO memungkinkan pasien untuk langsung beraktivitas seperti biasa dan produktif kembali pada keesokan harinya pasca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya