Jumat 04 November 2022, 20:05 WIB

BPJPH Kerja Sama dengan 3 Negara untuk Pengembangan Produk Halal

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
 BPJPH Kerja Sama dengan 3 Negara untuk Pengembangan Produk Halal

DOK MI
Ilustrasi

 

BADAN Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama akan menandatangani kerja sama dengan 3 negara yakni dengan Badan Akreditasi Halal atau Helal Akreditasyon Kurumu (HAK) Turki, Saudi Food and Drug Authority (SFDA) Arab Saudi dan Meksiko rencananya menjadi salah satu agenda di Acara Summit G20.

"Menurut Kementerian Luar Negeri rencananya penandatanganan akan disaksikan oleh masing-masing kepala negara," kata Koordinator Bidang Kerja Sama JPH Kemenag Fertiana Santy di Kantor BPJPH, Jakarta Timur, Jumat (4/11).

Saat ini sudah ada 103 lembaga halal luar negeri yang mendaftar ke BPJPH untuk menandatangani perjanjian antara lain terkait MoU, MoC, MRA karena masing-masing negara memiliki karakteristik. Santy juga mengatakan bahwa Indonesia siap mengadakan Halal 20 atau H20 untuk pertama kalinya.

Rencananya H20 diadakan pada 17-19 November setelah acara G20 yang direncanakan diadakan di Jawa Tengah. H20 diadakan sebagai satu rangkaian dari G20 dengan latar belakang karena negara G20 anggotanya banyak mendapatkan income dari ekspor impor banyak produk termasuk produk halal.

"Tentu ini acara yang sangat strategis, cukur bersejarah, dan baru kali ini diadakan H20dan bertepatan dengan Indonesia sebagai G20 Presidensi," ujar Santy.

Acara ini direncanakan akan mengundang beberapa lembaga halal luar negeri dari pemerintah dan swasta dan juga dari lembaga penelitian internasional dan mengundang lembaga terkait, sektor swasta.

Kemitraan Halal Global sangat diminati meski bukan berasal dari negara dengan basis penduduknya pemeluk Agama Islam karena H20 lebih dilihat kepada memperoleh masa depan yang kuat, masa depan sehat, berkelanjutan dan aspek bisnis lainnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Resmikan AMN, Presiden: Memperkuat Persatuan Mahasiswa

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 29 November 2022, 18:15 WIB
Setelah Surabaya, pemerintah akan membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di berbagai kota. Seperti, Manado, Yogyakarta dan...
Antara

20 Satwa Liar Endemik Dilepasliarkan di Suaka Alam Gunung Sahuwai

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 29 November 2022, 18:00 WIB
Sebelum dilepasliarkan, sejumlah satwa terlebih dahulu menjalani proses karantina, rehabilitasi dan pemeriksaan kesehatan di Kandang Pusat...
Ist

Peduli Kelestarian Alam, Prasetiya Mulya Menanam 1.454 Bibit Mangrove

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 16:48 WIB
Universitas Prasetiya Mulya melakukan tindakan nyata melalui gerakan menanam bibit mangrove sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya