Selasa 01 November 2022, 10:34 WIB

Bijak Pilih Obat, ini Alternatif Parasetamol Puyer untuk Anak

Mediaindonesia.com | Humaniora
Bijak Pilih Obat, ini Alternatif Parasetamol Puyer untuk Anak

Antara/Asprilla Dwi Adha.
Tenaga farmasi menuangkan racikan obat ke kertas pembungkus di RS Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

 

PEMERINTAH telah melakukan biopsi terhadap jasad pasien gagal ginjal akut misterius. Terungkap kerusakan di ginjal pasien dipicu oleh cemaran etilen glikol (EG). Hasil biopsi merupakan pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium. 

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, laporan ini didapat berdasarkan riset yang dilakukan pihaknya terkait toksinasi atau keracunan hingga kemungkinan infeksi patogen yang terdapat di pasien gagal ginjal akut misterius. "Kami juga sudah melakukan biopsi pada ginjal anak-anak yang sudah meninggal dan ternyata terbukti bahwa ginjalnya memang ada kerusakan kelainan yang disebabkan oleh zat etilen glikol tadi," kata Syahril beberapa waktu lalu.

Pemerintah hingga ini masih melarang penjualan beberapa obat sirup di pasaran. Meski demikian, ada juga daftar obat sirup yang sudah diperbolehkan dikonsumsi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Meski demikian, tetap saja orangtua harus waspada dan bijak memilih obat, apalagi memasuki musim pancaroba yang ditandai cuaca yang esktrem.

Ada sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai pada musim ekstrem ini seperti batuk, radang, flu, dan diare. Biasanya ini ditandai dengan gejala panas, sumang, dan demam. Menurut Marketing Manager PT Herba Group, Frendi P Rachman, saat ini orangtua harus siaga dalam mengantisipasi agar anak tidak sakit yakni dengan cara memberi asupan makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup. "Orangtua juga harus berjaga-jaga dengan menyediakan obat parasetamol penurun demam dan menyediakan alat pengukur temperatur," ujar Frendi dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11).

Ada beberapa bentuk sediaan obat yang lazim untuk anak-anak, biasanya berupa cairan/sirup, tetapi ternyata juga cukup banyak di pasaran bentuk sediaan puyer atau serbuk. Parasetamol dalam bentuk puyer ialah salah satu alternatif pengganti parasetamol sirup untuk mengatasi anak sumang atau demam lantaran aman, mudah, dan higienis. 

"Kalau flashback ke belakang sebenarnya orangtua kita dulu pada umumnya memberikan obat parasetamol pada si kecil dalam bentuk puyer. OPuyer itu buat orangtua dahulu dipercaya mudah penggunaannya. Cukup tuang puyer ke sendok lalu dicampur dengan madu dan sedikir air," ujar Frendy.

Frendy pun mengimbau agar kosumen selalu waspada dan juga bijak memilih obat yang aman. Apalagi saat ini Kemenkes mengeluarkan pernyataan yang melarang peredaran obat parasetamol anak yang tercemar zat etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) karena diduga EG dan DEG bisa menyebabkan gagal ginjal pada anak. Salah satu obat yang bisa digunakan yakni Puyer Anak Sumang. Anak Sumang memiliki rasa original dan rasa jeruk yang tentunya disukai anak-anak. Kandungan paracetamol di setiap sachetnya sebesar 150 mg. Anak Sumang sebagai analgesik dapat mengobati dan menurunkan demam, sakit kepala, serta sakit gigi pada anak usia 2-12 tahun. (OL-14)

Baca Juga

Medcom

Ternyata Pelaku Perundungan di Sekolah bukan Hanya Siswa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:45 WIB
"Ada oknum guru berdalih mendisiplinkan anak-anak yang menggunakan cara-cara kekerasan termasuk melakukan...
Medicaldaily

Rokok Bisa Hambat Tumbuh Kembang Janin

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 06:15 WIB
Semakin banyak asap rokok yang dihisap atau terisap ibu hamil selama masa kehamilan juga bisa membuat berat badan bayi saat lahir menjadi...
MI/Mesakh Ananta Dachi

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Perlindungan Korban Bom Astanaanyar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 05:20 WIB
Jaminan akan diberikan pascalaporan resmi dari kepolisian mengenai nama-nama korban, beserta keikutsertaan mereka dalam program BPJS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya