Jumat 28 Oktober 2022, 19:51 WIB

Kolaborasi Gereja Bersama Ukrida Membangun Masyarakat Maju

mediaindonesia.com | Humaniora
Kolaborasi Gereja Bersama Ukrida Membangun Masyarakat Maju

Ist
Pertemuan para pimpinan sinode gereja bersama Rektor Ukrida di Auditorium RS Ukrida Jakarta, Kamis (27/10).

 

PIMPINAN Sinode Gereja Kristen Indonesia, Sinode Wilayah Jawa Barat, Gereja Kristus, Gereja Kristus Yesus, Gereja Metodis, Gereja Kalam Kudus, dan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) bertemu dan berdiskusi di Auditorium Seruni Rumah Sakit Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) Jakarta, Kamis (27/10).

Para pendeta pimpinan sinode dari gereja-gereja tersebut berbagi narasi pelayanan di beberapa daerah, seperti di Mentawai dan Papua. Setiap gereja itu juga menceritakan komitmen dan pelayanan yang dilakukan untuk masyarakat miskin di beberapa wilayah Indonesia, melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi seperti pengolahan makanan atau pelayanan di bidang pendidikan melalui Yayasan Kasih Abadi Untuk Mentawai (KAUM).

Pelayanan ke daerah-daerah tersebut dilakukan oleh sinode masing-masing tetapi ada juga pelayanan yang dilakukan secara bersama oleh gereja-gereja seperti yang dilakukan melalui pusat pelatihan misi terpadu (PPMT) yang digerakkan oleh Sinode Gereja Kristus Yesus.

Ketua Umum PGI, Pdt Gomar Gultom, menyampaikan, kepedulian gereja-gereja di Indonesia terhadap masyarakat miskin sudah dimulai sejak  1970. Dalam Sidang Raya Dewan Gereja-Gereja di Indonesia (dulu DGI, sekarang menjadi PGI) pada 1971, gereja-gereja menyadari bahwa mereka bertanggung jawab untuk membebaskan manusia dari penderitaan yang disebabkan oleh keterbelakangan, penyakit, dan kemiskinan.

Salah satu perwujudan kesadaran itu ialah dibentuknya Pusat Pelatihan Motivator di Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Gereja-gereja mengirimkan para pemuda mereka untuk dilatih selama lebih kurang setahun di Cikembar untuk menjadi penggerak pembangunan desa. Usai diperlengkapi, para pemuda ini tinggal di desa-desa dan menjadi penggerak pembangunan desa. Ini merupakan pembangunan desa melalui pemberdayaan atau pengembangan masyarakat (community development).


Baca juga: Unas Gelar Konferensi Internasional Ilmu Sosial-Politik


Sayangnya, kegiatan ini berhenti, padahal motivator penggerak desa ini merupakan cara kreatif dan efektif mengentaskan kemiskinan. Karena itu, Pdt Gomar mengapresiasi apa yang dilakukan kelima sinode gereja yang berkumpul hari ini.

"Pelayanan saudara-saudara adalah perwujudan oikumene gereja. Kiranya hal ini terus berjalan dan jika memungkinkan, kelima sinode yang berkumpul hari ini dapat menghidupkan kembali motivator PGI," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Ukrida Dr dr Wani Devita Gunardi SpMK(K) menyampaikan terima kasih untuk para pimpinan sinode beberapa gereja yang hadir. Wani menjelaskan visi Ukrida untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di level nasional dan internasional berdasarkan nilai kristiani.

Selain itu, dalam presentasinya, Wani mengatakan bahwa GKI Sinode Jawa Barat pada waktu itu ikut membidani kelahiran Ukrida pada 1967. Saat ini, kampus yang memiliki akreditasi Baik Sekali dengan 5 fakultas dan 14 program studi itu terus melaksanakan misinya dengan motto 'Lead to Impact'.

"Sebagai perwujudan nilai kristiani, Ukrida bukan hanya menerima mahasiswa yang mampu secara finansial dan di Jakarta tetapi juga mahasiswa dari berbagai daerah, termasuk Papua, yang membutuhkan dukungan beasiswa. Sejak 2019 sampai 2022 mahasiswa Ukrida yang berasal dari Papua berjumlah 61 orang, dan ini menjadi bagian dari tekad Ukrida mewujudkan pemerataan pendidikan," katanya.

Rektor Ukrida juga menginformasikan berbagai program beasiswa untuk GKI, seperti beasiswa Klasis di Jakarta dan beberapa di Jabar, serta berbagai beasiswa lainnya. Ditampilkan pula testimoni para mahasiswa Ukrida yang merupakan warga jemaat GKI.

Direktur Rumah Sakit Ukrida, dr Eka Widrian Suradji PhD, memperkenalkan komitmen pihaknya menjadi RS yang mengobati dengan kasih dan merawat dengan hati (healing with care, caring with heart). (RO/OL-16)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Wapres Minta Pemda dengan Potensi Bencana Segara Lakukan Antisipasi

👤Mediaindonesia 🕔Senin 05 Desember 2022, 15:03 WIB
Hal itu disampaikan Wapres menjawab pertanyaan wartawan tentang arahan kepada pihak terkait soal antisipasi terhadap bencana alam yang kian...
Ilustrasi.

Ukuran Normal Trigliserida dan Cara Menurunkan

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:58 WIB
Sebagian besar trigliserida berasal dari makanan, seperti mentega, minyak goreng, daging berlemak, keju, krim, gula dan...
Ilustrsasi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Oatmeal untuk Tubuh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:30 WIB
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, oatmeal biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang manjalankan program...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya