Sabtu 23 Juli 2022, 20:44 WIB

Sandiaga: Ternyata Ikan Lele Bisa Dijadikan Bakso

Selamat Saragih | Humaniora
Sandiaga: Ternyata Ikan Lele Bisa Dijadikan Bakso

dok.Ist
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi pengolahan hasil panen program Juragan Lele Lalap, di Jakarta Timur, Sabtu (23/7/2022)

 

MENPAREKRAF Sandiaga Uno bersama Rumah Siap Kerja (RSK) dan Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI) mengunjungi kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Sandiaga menemui para warga yang memanen hasil budidaya ikan dalam ember (budikdamber) lewat program 'Juragan Lele Lalap'.

Sandiaga mengatakan, ikan lele bisa dimanfaatkan sebagai beragam olahan. Satu di antaranya yakni bakso lele.

"Ternyata lele ini bisa dijual dalam bentuk bakso lele, nugget lele, lele frozen, pecak lele," ujar Sandiaga di Jl Otista Raya Gg Ayub RT 14 RW 08, Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (23/7).

Sandiaga menyebut total hasil para warga sebanyak 340 kilogram lele. Dia pun berharap program ini bisa menambah pemasukan warga dan meningkatkan perekonomian.

"Jadi oleh karena itu saya butuh kekompakan dari warga sekitar untuk ikut kegiatan peningkatan penghasilan mereka dengan Juragan Lele dan Lalap ini," ucap Sandiaga.

Sementara itu pemilik Bakso Lele Kumis, Fahri Zahri (42) mengatakan panen dilakukan setelah tiga bulan masa budidaya. Dia juga membeberkan inspirasinya mengolah lele menjadi bakso.

"Kan zamannya frozen (food) ya. Yaudah akhirnya saya bikin frozen lele dari bakso kemasan tapi praktis. Bisa dimakan seperti indomie-indomie gitu. Ada kaldunya juga. Jadi tinggal dimasak, praktis," kata Fahri.

Fahri menuturkan, program 'Juragan Lele Lalap ini juga memberikan pelatihan dan pendampingan. Dia pun mengaku terkesan dengan program tersebut.

"Ayo kita tingkatin lagi budidaya lele ini untuk ke depannya, untuk income-income kita untuk bisa masuk buat yang nganggur-nganggur buat bisa kita mempekerjakan," tutur Fahri.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga memberikan sejumlah bantuan yang memanfaatkan lele sebagai bisnis usaha. Bantuan yang diberikan di antaranya vakum plastik, kompor gas, etelase, blender, hingga penggorengan.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga menyerahkan bantuan berupa bibit lele hingga sayuran. Sebanyak 200 ember dan 3.000-4.000 bibit lele dibawa Sandiaga saat itu.

"Di hari ke 14 bulan ramadan ini menyerahkan bantuan program wirausaha praktis Juragan Lele dan Lalap. Ini adalah budidaya ikan dalam ember yang dilengkapi dengan budidaya sayur-sayuran lalapan di atas embernya," ujar Sandiaga Minggu (17/4/2022) lalu. (OL-13)

Baca Juga: Cegah Cyberbullying pada Siswa, KGSB Bekali Guru Solusi Preventif dan Efektif

Baca Juga

dok.humas UGM

Mahasiswa UGM Raih Juara 1 IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:57 WIB
TIM Reactics Chem-E Car, Reactic Janaka UGM juara pertama pada perlombaan IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022, di...
ANTARA/Agha Yuninda

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:43 WIB
Safrizal mengatakan penetapan level 1 di semua daerah berdasarkan pertimbangan para pakar. Kemudian mempertimbangkan kondisi faktual di...
Dok. ITB

Harapan Orangtua dan Guru

👤Riama M Sihombing/M-1 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:40 WIB
ADANYA buku taktil 3D Printing mendapat sambutan positif. Orangtua dari anak-anak tunanetra yang berada di Low Vision Center menyambut baik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya