Senin 11 April 2022, 06:45 WIB

Ini Penyebab Jerawat Muncul Saat Anda Berpuasa

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Penyebab Jerawat Muncul Saat Anda Berpuasa

Freepik
Ilustrasi

 

JERAWAT termasuk salah satu masalah kulit yang bisa muncul saat Anda berpuasa di bulan suci Ramadan. Salah satu penyebabnya bukan karena aktivitas puasa melainkan kesalahan dalam memilih makanan berbuka puasa.

"Jerawat bisa terjadi pada orang yang berpuasa akan tetapi bukan karena puasanya tetapi malahan waktu buka puasanya," ujar Aninda Marina dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dalam sebuah konferensi pers daring, dikutip Senin (11/4).

Aninda, yang berpraktik di Klinik Bamed, mengatakan berbuka puasa dengan makanan manis berlebihan menjadi sumber masalahnya. Konsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka bisa menyebabkan gula darah dan hormon insulin tiba-tiba naik.

Baca juga: Jerawat Merupakan Penyakit Kulit, Perlu Diobati bukan dengan Skincare

"Dibilang berbuka puasa harus makan yang manis-manis, sedangkan kalau kita berpuasa lalu langsung makan manis otomatis gula darah langsung naik, begitu juga dengan hormon insulin juga langsung naik," kata dia.

Akibatnya, muncul komponen yang dinamakan insulin growth factor (IGF), yang sangat berperan terhadap pembentukan jerawat. 

Jadi, menurut Aninda, makanan manis yang berlebihan itulah yang sebenarnya bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Selain makanan manis, makanan berminyak dan kurangnya waktu tidur berkualitas selama Ramadan juga berkontribusi pada munculnya jerawat. Ini terjadi akibat ritme sirkadian yakni jam internal yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh menjadi terganggu.

"Kurangnya tidur itu menganggu ritme sirkadian sehingga juga mempermudah pertumbuhan jerawat," tutur Aninda.

Terkait pola makan yang tepat agar kulit terlindungi saat berpuasa, dia menyarankan Anda memilih hidangan dengan gizi seimbang. Pastikan mengonsumsi karbohidrat kompleks rendah gula, protein, sayur dan buah buahan yang kaya vitamin A, B dan C dalam makanan buka puasa dan sahur. Vitamin bermanfaat untuk regenerasi kulit sehingga kulit selalu sehat.

Kemudian, mengingat nutrisi dapat berkurang saat berpuasa, Anda sebaiknya rutin menambahkan suplementasi vitamin D pada rutinitas. Vitamin D selain dapat mencegah kekambuhan penyakit kulit seperti eksim juga dapat memperbaiki imunitas saat berpuasa. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Anggota TNI melihat jalur aliran lahar dan Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022).

Pakar Gunung Api Pertanyakan Sistem Peringatan Dini Saat Erupsi Semeru

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:45 WIB
Sistem peringatan dini sebaiknya dikeluarkan sedini mungkin sebelum erupsi terjadi sampai ke masyarakat, sehingga proses evakuasi lebih...
Ist

Rayakan Malam Tahun Baru, Bigland Hotel Bogor Gelar Carnival Land

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:03 WIB
BIgland Hotel Bogor kembali menyajikan perayaan meriah untuk seluruh tamu pada malam tahun baru, dengan memberikan penampilan yang seru...
Newsx.com

Perempuan dengan IMT Tinggi Berisiko Alami Long Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:00 WIB
Long covid-19 atau dikenal sebagai sindrom pasca-covid-19 merupakan kondisi saat gejala selama atau setelah infeksi covid-19 bertahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya