Minggu 03 April 2022, 12:12 WIB

Jerawat Merupakan Penyakit Kulit, Perlu Diobati bukan dengan Skincare

Mediaindonesia.com | Humaniora
Jerawat Merupakan Penyakit Kulit, Perlu Diobati bukan dengan Skincare

Dok Pribadi
dr Cynthia Jayanto, M.Biomed (AAM).

 

Jerawat adalah salah satu kategori penyakit kulit. Oleh karena jerawat merupakan penyakit kulit, ada baiknya diobati ke dokter yang bisa melakukan perawatan kulit dan kecantikan.

Banyak sekali produk produk skincare yang menjanjikan sembuh dari jerawat, padahal sebetulnya skincare dengan label notifikasi bpom harusnya tidak mengandung obat, tetapi lebih ke kandungan untuk merawat atau sebagai perawatan harian saja. Sehingga sangat penting  merawat kulit dengan keluhan jerawat.

“Sangat disarankan untuk dilakukan terapi pengobatan yang diawasi penggunaan nya oleh dokter” jelas dr Cynthia Jayanto, M.Biomed (AAM) dalam postingannya di instagram @cyn.clinic.

Menurut Cynthia apabila sebuah produk skincare menjanjikan pengobatan instan untuk kasus penyakit kulit jerawat, perlu dicurigai adanya kandungan obat di dalam produk kosmetik skincare tersebut.

Berikut Tips dr Cynthia Jayanto cara mencermati produk skincare memang sekedar kosmetik atau ada mengandung obat.

1. Bila hanya produk skincare bisa mengobati kasus jerawat sedang atau berat secara cepat, patut dicurigai ada obat, atau persentase zat aktif di atas normal sesuai aturan BPOM.

2. Bila produk skincare dengan klaim zat aktif mengurangi minyak di wajah atau jerawat ringan, perbaikan hasil tidak cepat dalam 2 minggu, bisa berbulan bulan, berarti persentase zat aktif sesuai kaidah bpom, dengan kategori jerawat ringan.

3. Bila sebuah produk skincare dengan klaim untuk anti jerawat tapi setelah dipakai malah semakin berat kasus jerawatnya, kemungkinan zat aktif tidak sesuai atau tidak tepat indikasi penggunaannya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA /ARI BOWO SUCIPTO

Dua Bibit Siklon Tropis Picu Cuaca Ekstrem Hingga Esok Hari

👤Naufal Zuhdi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:50 WIB
Keberadaan Siklon Tropis 95 S mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah bibit siklon tropis...
ANTARA / Dedhez Anggara

Kemenko PMK Pastikan Kesiapan Layanan Jemaah Haji Tahun 2023

👤 Dinda Shabrina 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:25 WIB
Beberapa aspek layanan yang perlu disiapkan diantaranya pemetaan data jemaah haji yang akan berangkat, pemeriksaan kesehatan, kesiapan...
MI/Ramdani

Bacaan Sujud Syukur Latin, Arab, dan Tata Caranya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:20 WIB
Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan sebagai upaya mensyukuri nikmat Allah karena telah memberikan nikmat atau terlepas dari bahaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya