Kamis 07 April 2022, 20:01 WIB

Jakarta Arts Garden 2022 Gairahkan Kembali Seni Rupa Indonesia

Insi Nantika Jelita | Humaniora
 Jakarta Arts Garden 2022 Gairahkan Kembali Seni Rupa Indonesia

MI/INSI NANTIKA JELITA
Art Jakarta Gardens 2022 yang merupakan pameran dan kegiatan seni dibuka resmi oleh Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (kedua paling kanan)

 

ART Jakarta Gardens 2022 yang merupakan pameran dan kegiatan seni dibuka resmi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta, Kamis (7/4).

Dengan target 8.000 pengunjung dari 7-14 April 2022, Angela menuturkan, kegiatan tersebut bisa meningkatkan apresiasi publik dan transaksi terhadap karya seni rupa.

"Acara ini diharapkan menggairahkan kembali seni rupa di Indonesia dan bisa menarik wisatawan khususnya pencinta seni kontemporer untuk datang ke Jakarta," ujarnya di lokasi.

Setelah dua tahun absen sebagai akibat pandemi, Art Jakarta kembali muncul dengan konsep baru mengadopsi new normal yaitu melalui pameran di Hutan Kota by Plataran dengan nuansa outdoor dan indoor.

"Kita hadir di sini secara fisik dan ingin menikmati karya seni rupa yang sebetulnya sudah lama kita inginkan," ucapnya.

Kemenparekraf mendorong setiap acara seni di Tanah Air bisa beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi dengan situasi pandemi hari ini.

"Semoga Art Jakarta Gardens ini bsa menjadikan Jakarta sebagai pusar seni kontemporer Asia," tutur Angela.

Baca juga: Presiden: Perbanyak Kegiatan Pentas Seni di Borobudur

Direktur Artistik Art Jakarta Enin Supriyanto menjelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk mempromosikan sejumlah karya seni Indonesia yang mengakomodasi karya patung atau karya seni rupa tiga dimensi lainnya.

"Selama dua tahun terakhir terhambat untuk menggelar acara ini. Pihak galeri optimis dapat menarik perhatian masyarakat luas lewat karya seniman. Kira-kira ada 180 karya yang dihadirkan," terangnya.

Dalam rilis resmi disebutkan bahwa lonsep ruang terbuka Art Jakarta Gardens mengubah tampilan taman di sekitar area Hutan Kota by Plataran dengan hadirnya patung daninstalasi luar ruang yang menarik.

Karya para perupa Indonesia terkemuka datang dari I Nyoman Nuarta yang dipresentasikan oleh Linda Gallery, Dolorosa Sinaga yang dipresentasikan oleh Facade x Kiniko Art, Nus Salomo yang dipresentasikan oleh SAL Project dan Sunaryo yang dipresentasikan oleh Bale Project.

Ada pula karya seniman mancanegara, seperti Ashley Bickerton dan Dusadee Huntrakul, yang juga akan tampil di Art Jakarta Gardens kali ini. Adapun area pameran dalam ruang pada Art Jakarta Gardens akan menyediakan dua tenda khusus untuk menampung 20 galeri seni rupa. (A-2)

Baca Juga

Dok. Krispy Kreme

Krispy Kreme Hadirkan Tiga Karakter Minions di Varian Donat Edisi Spesial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 15:30 WIB
Selain itu, Krispy Kreme juga menawarkan merchandise resmi Minions edisi terbatas mulai 29 September-31 Oktober yang hanya tersedia di 10...
Freepik

Fungsi dan Manfaat Niacinamide Hingga Efek Sampingnya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 29 September 2022, 15:15 WIB
Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3, yang merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap sehat dan...
Ist

Royal Canin dan Zoetis Dukung Program 'Rabies: One Health, Zero Death'

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 15:11 WIB
Saat ini, rabies masih menjadi masalah yang belum sepenuhnya terselesaikan di dunia maupun di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya