Kamis 03 Maret 2022, 20:20 WIB

Universitas Pancasila Gelar Pelatihan untuk Wujudkan Green Pesantren

mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Pancasila Gelar Pelatihan untuk Wujudkan Green Pesantren

Ist
Dosen dan mahasiswa Univeristas Pancasila menggelar pelatihan pengelolaan sampah dan budi daya maggot BSF di Pesantren Al-Quran Al-Hikmah.

 

DALAM rangka pelaksanaan kegiatan Program Penelitian Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2021, maka tim dosen dan mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri dan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) melaksanakan kegiatan penelitian.

Penelitian kali ini dengan topik 'Perancangan Model Berbasis Bank Sampah Untuk Mewujudkan Green Pesantren' di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Hikmah Kp. Kramat RT.01/04 Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, tim tersebut juga memberikan pelatihan bagaimana mengelola sampah dengan konsep bank sampah dan memberikan pelatihan mengolah limbah sisa makanan untuk budi daya maggot black soldier fly (BSF).

Kegiatan pelatihan pengelolaan bank sampah dilaksanakan pada 3 Maret 2022 di Kampung Kramat RT.01/04 Desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor yang difasilitasi oleh Pondok Pesantren Al-Hikmah Kabupaten Bogor.

Baca juga: Masyarakat Bandung Diajak Pilah Sampah Kemasan Sekali Pakai

Kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya pendanaan Riset Dasar Keilmuan yang diselenggarakan Kemendikbudristek dan Lembaga LPDP Kemenkeu  tahun pelaksanaan 2022.

Sebagai pemateri dalam kegiatan ini diberikan Dr. Dino Rimantho yang juga sebagai salah satu dosen di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Dalam pelaksanaan kegiatan penelitian bank sampah, maka langkah awal adalah memberikan pelatihan bagaimana memilah sampah berdasarkan karakteristik sampah yang nantinya akan disetor ke pengelola Bank Sampah di Pondok Pesantren.

Konsep Bank Sampah yang diterapkan di Pondok Pesantren ini mengadopsi dari pelaksanaan Bank Sampah secara umum.

Hal ini memang tidak umum terjadi di pondok pesantren yang tidak seluruhnya memiliki pengelolaan sampah yang optimal dan masih menyisakan permasalahan bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Kegiatan ini disambut baik oleh pimpinan Pesantren Al-Quran Al-Hikmah Ustad Ifan Miftah Mujahid sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan.

Dalam keterangannya, pihak pesantren menyampaikan bahwa masalah pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Al-Quran Al-Hikmah memang belum optimal.

Mereka menyampaikan harapannya melalui kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Tim Fakultas Teknik Universitas Pancasila dapat memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan sampah di pondok pesantren.  

“Pengelolaan sampah melalui bank sampah merupakan salah satu metode yang dapat diaplikasikan oleh seluruh elemen masyarakat dalam rangka mengurangi volume timbulan limbah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA)," kata Dino Rimantho yang juga ketua tim peneliti dalam kegiatan ini. 

"Selain itu, melalui bank sampah, pihak pondok pesantren juga dapat memperoleh transfer ilmu pengetahuan untuk mengolah sampah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi lebih baik, misalnya dengan menerapkan budi daya Maggot BSF untuk mengolah limbah sisa makanan yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak,” ujar Dino.

Selain Dr. Dino Rimantho, terdapat beberapa anggota peneliti yang terlibat dalam kegiatan ini di antaranya, Nur Yulianti Hidayah, Agung Saputra, dan melibarkan lima orang mahasiswa program studi Teknik Industri yaitu Ananda Nurul Rizkiya, Pipit Fitriyani, Defi Milenia, Ghina Nazhifah dan Averina Chandra.

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian ini juga merupakan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Universitas Pancasila. (RO/OL-09)

Baca Juga

dok.ist

Sandiaga Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:03 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi  pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program...
ANTARA

Jenderal Dudung Perintahkan Jajaran TNI AD Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 16:51 WIB
Usai pengukuhan, Jenderal Dudung langsung memerintahkan jajaran TNI AD untuk juga menjadi Bapak Asuh Anak...
Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya