Selasa 15 Februari 2022, 11:15 WIB

Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pasangan Memiliki Anak

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pasangan Memiliki Anak

Pexels
Ilustrasi keluarga

 

MEMILIKI keluarga bukan hanya soal kelengkapan kehadiran sosok ayah, ibu, dan anak, namun ada tanggung jawab yang harus dipikul bersama.

Oleh karena itu, merencanakan kehamilan sangat penting sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

Psikolog klinis dan relationship expert Inez Kristanti mengatakan pasangan suami dan istri harus memiliki pandangan yang sama tentang perencanaan kehamilan.

Baca juga: KPAI : Keluarga Menjadi Klaster Tertinggi Kekerasan Terhadap Anak di 2021 

Sebelum memutuskan untuk memiliki anak, pasangan suami istri juga perlu mengerti dan paham tentang makna menjadi orangtua.

"Suami dan istri perlu menghayati ke dalam diri sendiri tentang makna menjadi orangtua, kenapa ingin punya anak supaya kita bisa menghayati peran sebagai orangtua yang lebih bertanggung jawab," kata Inez dalam sebuah webinar, dikutip Selasa (15/2).

Hal lain yang harus dipersiapkan oleh pasangan suami istri di usia subur adalah pemahaman yang setara mengenai proses kehamilan. Sebab, meski kehamilan hanya dijalani oleh istri, tanggung jawab yang diemban haruslah berdua. Suami dan istri pun harus menjadi satu tim yang solid.

Sebelum merencanakan kehamilan, suami dan istri juga perlu untuk mengetahui perubahan-perubahan apa yang diekspektasikan saat kehamilan dan setelah kelahiran. Hal ini diperlukan untuk menghadapi perubahan yang terjadi dan mencegah terjadinya hal-hal yang di luar ekspektasi.

"Kemudian sangat penting memiliki kemampuan dalam menyelesaikan konflik. Di perjalanannya kemungkinan ada hal-hal yang bisa menimbulkan konflik, konflik itu tidak apa-apa tetapi yang penting bisa diselesaikan secara sehat bersama-sama," kata Inez.

Manajemen ekspektasi juga menjadi persiapan kunci dalam membina keluarga, khususnya merencanakan kehamilan. Pasangan suami dan istri harus mencari solusi bersama jika apa yang hadapi tidak sesuai dengan rencana.

"Apa yang harus dilakukan, bagaimana pasangan bisa saling mendukung satu sama lain, kalau 1-2 tahun belum mendapat anak harus bagaimana? Di situ kemampuan dan kedewasaan pasangan diuji tetapi tidak perlu khawatir karena tadi sudah mempersiapkan diri secara psikologis dan semua bisa diantisipasi," pungkas Inez. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya