Senin 07 Februari 2022, 14:25 WIB

Risma Minta Bank Penyalur Bansos Gencar Jemput Bola

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Risma Minta Bank Penyalur Bansos Gencar Jemput Bola

ANTARA/ M RISYAL HIDAYAT
PENYALURAN BANSOS: Sejumlah warga lanjut usia antre saat penyaluran bantuan sosial PKH dan BPNT di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

 

MENTERI Sosial Tri Rismaharini meminta dilakukan akselerasi pencairan bantuan dan bank penyalur agar bernisiatif jemput bola. Mensos juga memastikan bantuan sosial (bansos) tuntas tersalurkan pada pertengahan bulan ini.

“Kalau harus mengumpulkan lansia, penyandang disabilitas atau yang sakit, di satu tempat di kabupaten, ya berat. Makanya bank saya minta untuk bergerak door to door mendatangi KPM,” kata Mensos. Untuk keperluan itu, Mensos meminta dukungan semua pihak termasuk pemda menggunakan berbagai fasilitas yang memungkinkan salur bansos mendekati lokasi tinggal KPM dan menekankan pentingnya peran pendamping sosial dalam mengakselerasi penyaluran bansos.

Menurutnya, ada keterbatasan petugas untuk menjangkau kelompok lanjut usia dan penyandang disabilitas. “Kalau saya amati di berbagai daerah, kebanyakan kurangnya akselerasi salur bansos terkait dengan bagaimana menjangkau kelompok lanjut usia dan penyandang disabilitas. Mereka ini karena kondisinya kan tidak mudah kalau harus datang ke kantor bank, misalnya,” kata Mensos dalam keterangan tertulis, Senin (7/2).

Pencairan bansos yang dilakukan hari ini, misal, adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako Reguler, BPNT/Kartu Sembako. PPKM dan Program Keluarga Harapan (PKH). Data yang disampaikan, di Kabupaten Jombang, beberapa KPM ada yang belum melakukan transaksi. Dari sejumlah daerah, bansos yang belum salur berkisar 15-20%.

Dari 21 kecamatan di Kabupaten Jombang, total KPM BPNT/Kartu Sembako yang belum transaksi mencapai 13.105 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan sebanyak 8.825 KPM belum menerima bantuan. Di Kabupaten Jombang, terdapat 4 kecamatan dimana angka bansos yang belum cair di atas 1000 KPM, yakni Kecamatan Bareng, Kecamatan Mojowarno, Kecamatan Mojoagung, dan Kecamatan Ngoro. Dari penjelasan petugas terkait, penyebab tingginya angka bansos yang belum cair, bisa bermacam-macam. (H-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Nama-nama Dinosaurus yang Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:15 WIB
Tak jarang animasi tentang dinosaurus banyak diminati anak-anak karena bentuknya yang lucu dengan suara khasnya yaitu...
AFP

Kenali Jenis Vaksin dan Kombinasi Booster yang Diberikan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:05 WIB
Penting bagi kita untuk mengetahui jenis vaksin dan booster yang tepat untuk bisa melawan virus...
Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya