Jumat 24 Desember 2021, 16:42 WIB

Badan POM Temukan 3.400 Tautan yang Menjual Produk Tanpa Izin Edar

Atalya Puspa | Humaniora
Badan POM Temukan 3.400 Tautan yang Menjual Produk Tanpa Izin Edar

ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Petugas memperlihatkan dua jenis obat ilegal saat giat pemusnahan di Kantor Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak.

 

DENGAN meningkatnya aktivitas masyarakat melakukan transaksi jual beli secara daring di masa pandemi covid-19, Badan Pengawas Obat dan Makanan meningkatkan intensitas pengawasan pangan secara online jelang natal dan tahun baru 2022.

Adapun, pada pengawasan pekan ketiga di Desember 2021, Badan POM menemukan sebanyak 3.400 tautan yang menjual produk tanpa izin edar.

"Temuan ini telah dikoordinasikan dengan Kominfo dan Idea, dan sudah dilakukan pemblokiran oleh Kominfo terhadap tautan-tautan tersebut," kata Penny dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (24/12).

Selain melakukan pengawasan secara online, Badan POM juga telah melakukan pengawasan ke sembilan gudang e-commerce yang menjual pangan olahan.

"Dan sejauh ini mereka masih memenuhi ketentuan. Kami sangat mengapresiasi pelaku e-commerce yang taat terhadap ketentuan," tegas dia.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Fokus Kembangkan Vaksin Covid-19 Karya Anak Bangsa

Selain sanksi kepada pelaku usaha, Badan POM mengungkapkan pihaknya telah melakukan pengamanan dan pemusnahan produk bersama dengan pelaku usaha.

Penny memastikan, selama peringatan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Badan POM berkomitmen untuk senantiasa mengawal keamanan pangan dan melindungi kesehatan masyarakat, meski dalam masa darurat pandemi covid-19.

"Mari bersama-sama melindungi diri dengan membeli pangan olahan yang aman dan bermutu dengan selalu menerapkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi pangan olahan," pungkas dia. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Skenario Kebutuhan Air Bersih untuk Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

👤Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:53 WIB
Sebelum membuat skenario kebutuhan air bersih dibutuhkan informasi mengenai air baku atau berapa banyak air hujan yang turun dan bisa...
MI/ HO

Ukrida Pimpin Dewan Pengurus BKAP3-PTKI Periode 2022-2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:10 WIB
Peneguhan Dewan Pengurus BKAP3-PTKI masa bakti 2022-2025 dilakukan oleh Pdt. Janoe...
Ist

Karya Tiga Desainer Terkemuka Semarakkan Oppo Bazaar Fashion Festival

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:08 WIB
Tiga desainer dengan tiga karakter karya fashion yang berbeda ini ditantang melakukan kolaborasi untuk menampilkan suatu karya seni fashion...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya