Kamis 25 November 2021, 09:40 WIB

8 Siswa Alami Luka Akibat Cuaca Ekstrem di Lebak Banten

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
8 Siswa Alami Luka Akibat Cuaca Ekstrem di Lebak Banten

ANTARA/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS
Pengendara roda dua menerobos hujan di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (9/8/2021).

 

FENOMENA cuaca ekstrem melanda delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa, (23/11) pukul 04.00 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melaporkan, terdapat satu unit sekolah dengan kondisi rapuh yang tengah melakukan aktivitas belajar mengajar harus mengalami rusak berat dan menyebabkan delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan.

"Peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang berujung pada meluapnya Sungai Rambut serta memicu terjadinya longsor dan angin kencang di beberapa titik," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangannya Rabu (24/11).

Ke delapan titik lokasi bencana tersebut berada di Kecamatan Cigemblong, Kecamatan Maja, Kecamatan Bojongmanik, Kecamatan Wanasalam, Kecamatan Cikulur, Kecamatan Cihara, Kecamatan Cibeber, dan Kecamatan Panggarangan.

Baca juga: Telemedicine Bantu Negara Perluas Akses Layanan Kesehatan

Selain itu, BPBD Kabupaten Lebak mencatat terdapat 44 KK menjadi korban terdampak dengan kerugian material berupa 35 unit rumah terendam banjir, 9 rumah mengalami rusak dengan tingkat beragam dari ringan hingga berat, 1 unit sepeda motor rusak dan 2 ruas jalan harus terputus akibat longsor.

Merespons peristiwa ini, BPBD Kabupaten Lebak menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menyambangi lokasi terdampak dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk segera memberikan penanganan. BPBD Kabupaten Lebak bersama dinas PU Provinsi telah menurunkan alat berat ke ruas jalan warung Cibeber, Banten untuk membersihkan material longsor yang menutup akses jalan dan pembersihan puing-puing material bangunan pada sekolah yang roboh.

Laporan Cuaca BMKG memperkirakan, cuaca Kabupaten Lebak untuk tiga hari kedepan mulai Kamis (25/11) hingga Sabtu (27/11) akan didominasi berawan dan hujan ringan hingga sedang. Sementara itu, untuk wilayah Provinsi Banten, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Lebak bagian Utara dan Timur, Kabupaten Pandeglang bagian Utara, Kabupaten Serang bagian Timur, Kota Serang, Kabupaten Tangerang bagian Tengah dan Selatan, serta Kota Tangerang Selatan.

"Pantauan analisa risiko bencana melalui InaRISK, wilayah Kabupaten Lebak terdapat 28 Kecamatan yang memiliki potensi mengalami cuaca ekstrim dengan tingkat resiko sedang hingga tinggi," sebutnya.

BNPB mengingatkan masyarakat dan pemerintah di tingkat Kabupaten/ Kota maupun yang lebih kecil Kecamatan atau Desa untuk selalu waspada terhadap bahaya cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana hidrometeorologi basah berupa tanah longsor, banjir hingga angin kencang di tengah fenomena La Nina.

"Mitigasi bencana dapat dilakukan dengan cara memantau debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk potensi banjir, terasering pada lereng yang berpotensi longsor, dan pengendalian pemanfaatan ruang terbuka untuk daerah resapan air," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

Antara

Lintasarta Perluas Jangkauan Fiber Optik di 36 kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:25 WIB
Salah satu yang dibangun tahun ini ialah FO yang menghubungkan Salatiga –...
Christof STACHE / AFP

Indonesia Kedatangan 1,5 juta Vaksin Moderna dari AS

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:25 WIB
Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat telah beberapa kali memberi dukungan vaksin kepada...
Dok. Birro Per Sekreatriat Presiden

3.697 Warga Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Semeru 

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:17 WIB
Warga yang mengungsi ini sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lumajang, sedangkan di Kabupaten Malang hanya terdapat 24...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya