Senin 20 September 2021, 20:03 WIB

Anak-anak sudah Diperbolehkan Masuk Mal

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Anak-anak sudah Diperbolehkan Masuk Mal

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Pengunjung memindai kode batang (QR Code) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki pusat perbelanjaan.

 

SEIRING dengan kondisi situasi covid19 yang membaik di Tanah Air, pemerintah akan uji coba pembukaan mal bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun di beberapa kota. Sebelumnya, kebijakan tersebut dilarang untuk membentengi lonjakan kasus covid-19 terhadap anak-anak.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta, dalam uji coba kali ini, ada pengawasan dan pendampingan yang ketat dari orangtua terhadap anak mereka. Untuk masuk mal pun tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi, sebagai upaya skrining pengunjung.

"Minggu ini akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun, yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta dan Surabaya," jelas Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Selain itu, pemerintah juga masih mengizinkan bioskop-bioskop beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% pada kota-kota level 3 dan level 2, namun dengan kewajiban penggunaan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Ini Alasan Napoleon Pukuli dan Lumuri M Kece Dengan Kotoran

Kategori kuning dan hijau dari PeduliLindungi, lanjut Luhut, kini dapat memasuki area bioskop. Kemudian, restoran di fasilitas olahraga yang sifatnya outdoor dapat beroperasi dengan kapasitas 50%.

Terpisah, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja berpendapat, adanya larangan membawa anak kurang dari 12 tahun menjadi penyebab sepinya kunjungan mal saat ini.

Rata - rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan saat ini di angka 35% dengan kategori makanan dan minuman yang masih mendominasi. Pemerintah sendiri mengatur kapasitas dine in di mal sebesar 50%. (OL-4)

Baca Juga

AFP

Tips Mengatasi Computer Vision Syndrome Selama WFH

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 16:05 WIB
Penggunaan komputer atau gawai yang terlalu lama saat bekerja bisa menyebabkan terjadinya Computer Vision...
Antara

Santri Didorong Melek Literasi Digital

👤Ant 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:40 WIB
Zainut menilai jihad para santri saat ini semakin berat ketimbang zaman penjajahan...
Kemenag

Wamenag akan Tutup STQH Nasional di Maluku Utara

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:30 WIB
SELEKSI Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI tahun 2021 di Sofifi, Maluku Utara akan ditutup pada Sabtu, 23 Oktober...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya