Selasa 14 September 2021, 19:48 WIB

BMKG Imbau Jakarta Waspada Banjir Tiga Hari ke Depan

Atalya Puspa | Humaniora
BMKG Imbau Jakarta Waspada Banjir Tiga Hari ke Depan

ANTARA/RENO ESNIR
Petugas mengeruk endapan lumpur menggunakan alat berat untuk mencegah pendangkalan sungai di Kali Cideng, Jakarta, Senin (26/7/2021)

 

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) A. Fachri Radjab mengungkapkan, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (impact based forecsst/ IBF) BMKG bahwa DKI Jakarta masuk dalam kategori siaga banjir dalam tiga hari ke depan.

"Untuk hari ini wilayah DKI Jakarta memang masuk kategori siaga, artinya ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat menimbulkan becana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang dan longsor," kata Fachri saat dihubungi, Selasa (14/9).

Baca jugaCegah Varian Baru Masuk, Pintu Masuk Negara Harus Lebih Ketat

"Sedangan untuk besok diprakirakan kondisi ini masih tetap berpotensi terjadi namun dengan kategori waspada," imbuh dia.

Fachri mengungkapkan bahwa peringatan waspada tersebut akan berlangsung hingga 16 September 2021. Adapun, selain Jakarta, sejumlah wilayah juga berpotensi mengalami banjir. Di antaranya ialah Sulawesi Barat (Siaga), Lampung (Waspada), Banten (Waspada), DKI Jakarta (Waspada), Jawa Barat (Waspada), Jawa Tengah (Waspada), DI Yogyakarta (Waspada), Jawa Timur (Waspada), Kalimantan Barat (Waspada), Kalimantan Timur (Waspada), Kalimantan Utara (Waspada), Kalimantan Tengah (Waspada), Kalimantan Selatan (Waspada), Sulawesi Tengah (Waspada), Sulawesi Selatan (Waspada), Maluku Utara (Waspada), Maluku (Waspada), dan Papua Barat (Waspada). (H-3)

Baca Juga

Dok.  FFI

Ada Harapan Baru bagi Sineas Muda

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 23 September 2021, 06:40 WIB
PADA perhelatan Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini, Prilly Latuconsina, 25, mendapat...
Dok. Pribadi

Pasar Daring Tradisional Inovasi Belanja Aman

👤Hempri Suyatna dan Puthut Indroyono 🕔Kamis 23 September 2021, 06:30 WIB
Inovasi model pembelanjaan daring di pasar tradisional dikembangkan untuk menumbuhkan demokrasi ekonomi dan solusi di masa pandemi...
ANTARA

Pendaki Jangan Egois dan Tetap Patuhi Prokes

👤MI 🕔Kamis 23 September 2021, 06:10 WIB
PADA hari-hari normal sebelum pandemi covid-19, ada beberapa gunung di Indonesia yang menjadi favorit para...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya