Selasa 14 September 2021, 14:36 WIB

Kebijakan Pengendalian Covid-19 Harus Konsisten untuk Persiapkan Norma Baru di Keseharian Masyarakat

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kebijakan Pengendalian Covid-19 Harus Konsisten untuk Persiapkan Norma Baru di Keseharian Masyarakat

MI/Bagus Suryo.
Pengunjung Malang Town Square (Matos), Kota Malang, Jawa Timur, menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk masuk di mal itu, Minggu (5/9).

 

SEJUMLAH kebijakan pengendalian penyebaran virus korona di Tanah Air harus dilaksanakan secara konsisten agar masyarakat terbiasa dengan norma-norma baru yang wajib dijalankan untuk mencegah penularan covid-19.

"Berbagai persyaratan dalam sejumlah kebijakan pengendalian covid-19 harus diterapkan dengan benar dan konsisten sehingga masyarakat bisa mematuhi kebijakan tersebut," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/9). Sejumlah kebijakan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ujar Lestari, seperti persyaratan dalam perjalanan dan berkunjung ke area publik dan mal yang ditetapkan pemerintah harus konsisten dilakukan, termasuk sanksinya bila kebijakan tersebut dilanggar.

Dalam konperensi pers secara daring, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (13/9), antara lain menegaskan masyarakat yang terpapar covid-19 tetapi masih bepergian akan diisolasi secara terpusat oleh pemerintah. Menurut Lestari, kebijakan tersebut harus benar-benar dilaksanakan dengan konsisten di lapangan agar masyarakat memahami dan mematuhinya.

Lebih jauh, jelasnya, konsistensi dalam penerapan sebuah kebijakan sangat penting untuk menjaga kewibawaan para pemangku kepentingan di mata masyarakat. Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, sejumlah kebijakan tersebut juga berkaitan dengan upaya penerapan norma-norma baru dalam keseharian masyarakat pascapandemi.

Sebelumnya, tambah Rerie, sempat terungkap bahwa sepanjang penerapan skrining lewat aplikasi Peduli Lindungi di pusat-pusat kegiatan publik seperti di mal di masa PPKM, kedapatan 3.000-an masyarakat yang terpapar covid-19 tetap berkegiatan di ruang publik. Kondisi tersebut, jelas Rerie, harus benar-benar ditelusuri penyebab terjadinya ribuan orang terpapar covid-19 masih bepergian ke ruang publik.

Para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus benar-benar menangani kondisi tersebut dengan langkah-langkah yang tepat sehingga masyarakat bisa mematuhi aturan dan penyebaran virus korona bisa terus ditekan. Selain konsisten dalam penegakan aturan, Rerie berpendapat, program vaksinasi covid-19 secara nasional juga harus konsisten dilakukan di setiap daerah untuk secepatnya terbentuk kekebalan kelompok sesuai rencana.

Kombinasi antara konsistensi dalam penegakan aturan di masa PPKM dan pencapaian kekebalan kelompok, menurut Rerie, akan mempercepat pengendalian covid-19 di Tanah Air. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sekolah Diminta Optimalkan TIK dalam Pembelajaran

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 01:43 WIB
Selain untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, TIK dapat dioptimalkan untuk menciptakan manajemen sekolah yang efektif dan...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Alumni Akpol 1990 Gelar Bakti Sosial dan Vaksinasi

👤Meidiaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 22:17 WIB
Dari lulusan Akabri Angkatan 1990, tercatat 147 alumnus menjadi perwira tinggi. Untuk TNI-AL, tercatat 33 alumnus Akabri 1990 menyemat...
Ist

Dengan Smartphone, Siapapun Bisa Jadi Video Content Creator Handal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 19:49 WIB
Untuk menjadi content creator, salah syaratnya bagaimana memegang smartphone agar video tidak goyang, kemampuan mengatur...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya