Senin 06 September 2021, 21:13 WIB

Diunduh 30 Juta Kali, Penerapan PeduliLindungi akan Diperluas ke Hotel hingga Kafe

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Diunduh 30 Juta Kali, Penerapan PeduliLindungi akan Diperluas ke Hotel hingga Kafe

MI.Andri Widiyanto
Penggunaan aplikasi Pedulilindungi di stasiun

 

SELAIN diterapkan untuk masuk mal dan masuk perkantoran, aplikasi skrining dari pemerintah, PeduliLindungi akan diperluas penggunaannya oleh pada tempat publik lainnya, seperti di hotel hingga kafe. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan hal tersebut.

Dia menerangkan, aplikasi telah diunggah lebih dari 30 juta kali dan 20 juta di antaranya sudah digunakan masyarakat dalam melakukan aktivitas selama PPKM.

"Integrasi PeduliLindungi tadi juga dibahas di ratas (rapat terbatas dengan presiden). Pemakaiannya pun akan semakin luas, yakni di hotel, di restoran dan kafe. Seperti yang di Holywings, kami akan sosialisasikan QR Code (dari PeduliLindungi)," jelas Sandiaga dalam Weekly Briefing virtual, Senin (6/9).

Seperti diketahui, Kafe Hollywings Kemang, Jakarta Selatan, kena segel oleh aparat kepolisian karena didapati pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dengan kerumunan pengunjung pada Sabtu (4/9) malam lalu. 

Baca juga : Pemerintah Jamin Keamanan Data Sistem Pedulilindungi

Selanjutnya, Sandiaga menyebutkan, rencana penggunaan Aplikasi PeduliLindungi menggunakan filtering 4 kondisi user yaitu hijau, kuning, merah, dan hitam. Adapun yang diperkenankan masuk adalah berwarna hijau dan kuning.

Pemerintah pun akan uji coba aplikasi PeduliLindungi di hotel hingga kafe, sementara di empat kota. Untuk mewujudkan rencana itu, akan menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

"Piloting ini akan dilakukan di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya," ucap Menparekraf.

Dia juga mengungkapkan, bersama dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri akan menerbitkan Surat Edaran Bersama mengenai himbauan untuk penggunaan Aplikasi PeduliLindungi secara bertahap untuk kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di hotel-hotel. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...
ANTARA/Fikri Yusuf

Terluas dan Terbesar di Dunia, Saatnya Konservasi Ekosistem Karbon Biru Indonesia Masuk NDC

👤Arnoldus Dae 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:30 WIB
Luas padang lamun di Indonesia termasuk terluas di dunia hingga 293.465-875.957 Ha, dan mampu menyerap karbon hingga 119,5 ton karbon per...
ANTARA/ Andreas Fitri Atnoko

Dikti-Ristek: Peringkat Global Bukan Tujuan Perguruan Tinggi

👤 Faustinus Nua 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:55 WIB
Tugas dan mandat utama PT di Tanah Air adalah mencerdaskan kehidupan bangsa serta membangun daya saing bangsa. Hal itu bisa tercapai bila...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya