Kamis 02 September 2021, 13:16 WIB

Cegah Tawuran Usai PTM, KPAI Minta Semua Pihak Awasi Pelajar

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Cegah Tawuran Usai PTM, KPAI Minta Semua Pihak Awasi Pelajar

Ilustrasi
Antisipasi tawuran pelajar

 

ANGGOTA Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti meminta agar seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) termasuk orangtua dan guru di sekolah mengawasi peserta didik. Hal ini tak terlepas dari adanya rencana tawuran antarpelajar yang terjadi pada Senin (30/8) malam.

Retno pun prihatin karena PTM baru berlangsung dua hari, namun tawuran pelajar sudah kembali menggelora. Ia mengungkapkan, tawuran itu sudah direncanakan karena dari hasil pengamanan yang dilakukan kepolisian, para pelajar telah membekali diri dengan senjata tajam.

"Orangtua juga memiliki peran penting di sini. Tawuran ini kan umumnya anaknya sudah besar, sudah bisa naik kendaraan sendiri. Orangtua dan sekolah ahrus memastikan anak-anak itu pulang seusai PTM," kata Retno dalam diskusi virtual, Kamis (2/9).

Menurut dia, orangtua dan guru sama-sama harus memastikan peserta didik pulang ke rumah dan tidak melakukan aktivitas tidak wajar usai PTM melainkan meneruskan belajar di rumah, mengerjakan pekerjaan rumah maupun beristirahat mengurangi mobilitas untuk mengindari paparan virus corona. Komunikasi dua arah dapat dibangun oleh guru dan orangtua untuk melakukan pengawasan ini melalui teknologi yang sudah ada semisal membuat grup Whatsapp.

Baca juga : Muhammadiyah-USAID Kenalkan Program Vaksinasi Lintas Agama

Kemudian, ia juga meminta agar pihak-pihak lain seperti Satpol PP di tingkat kelurahan serta aparat kepolisian bisa membantu melakukan pengawasan kepada para pelajar saat pulang sekolah agar tidak terjadi tawuran.

"Satpol PP dan kepolisian ini harus ada untuk mencegah itu. Kan di kelurahan itu banyak, seharusnyas sudah terpetakan mana saja sekolah di kelurahan tersebut yang melangsungkan PTM. Itu kemudian diawasi ketika jam pulang sekolahnya," ungkap Retno.

Sebelumnya, kepolisian dari Kapolres Metro Kota Tangerang mengamankan puluhan pelajar pada Senin (30/8) malam di hari pertama berlangsungnya PTM. Puluhan pelajar itu diketahui hendak melaksanakan aksi tawuran antara pelajar dari SMKN 1 Jakarta dengan puluhan pelajar gabungan dari SMA di Kota Tangerang.

Puluhan pelajar yang diamankan itu kemudian dipulangkan ke orangtua masing-masing karena masih di bawah umur. Polisi pun meminta orangtua melakukan pembinaan. (OL-2)

 

Baca Juga

Ist

President University Jalin Kerja Sama Pendidikan Profesi Advokat  

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 20:04 WIB
Kerja sama President University dan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) mewujudkan tuntutan profesionalitas para lulusan pendidikan...
Ist

Bamsoet Apresiasi MUI Raih SertifIkasi ISO dan Serukan Pertahankan MUI 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:54 WIB
Bamsoet mengapresiasi kinerja Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang kembali berhasil mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 dari Worldwide...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Ilham Habibie Maju dalam Pemilihan Waketum PII Periode 2021-2024

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:46 WIB
Ilham menilai PII sesuai dengan idealismenya dan memegang kunci mencapai visi Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya