Selasa 17 Agustus 2021, 22:20 WIB

Kemen-PPPA Pastikan Anak yang Menjadi Yatim Piatu Akibat Covid-19 Diurus Negara

Mohammad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemen-PPPA Pastikan Anak yang Menjadi Yatim Piatu Akibat Covid-19 Diurus Negara

Dok. Polres Pati
Kapolres Pati memberikan santunan pada anak yang menjadi Yatim akibat Covid-19

 

DEPUTI Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Nahar mengatakan, hingga kini tercatat 3.066 anak ditinggal oleh orang tuanya yang meninggal di masa pandemi Covid-19. 

"Kemen PPPA terus berkoordinasi terkait verifikasi data dan bersama K/L terkait (Menko PMK, Kemensos, KPAI, Kemendagri) untuk melakukan koordinasi teknis sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing," terangnya saat dihubungi, Selasa (17/8). 

Hingga kini pihaknya juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial yakni dalam pemenuhan dan pendampingan bagi anak tersebut. 

"Kemensos sedang menyiapkan bantuan dan pendampingan sosialnya, dan bersama Dinas P3A di daerah dapat menyiapkan akses layanan lain yang dibutuhkan," lanjut Nahar. 

Baca juga : Infodemik Hambat Penanganan Pandemi Covid-19

Terkait data anak yang tidak mempunyai pengasuh dan tidak memiliki kerabat Kemenpora segera mengkkordinasikan dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas PPPA.
 
"Hari ini kami mendapatkan laporan 9 anak yg masuk dalam kategori tersebut dan kami langsung mengkoordinasikan dengan Pemda melalui Dinas PPPA agar penanganannya dapat segera dikoordinasikan dengan dinas terkait," terangnya. 

Selanjutnya akan juga disiapkan rencana pengasuhan alternatif di luar keluarga dalam bentuk pengasuhan anak, perwalian, dan pengangkatan anak. Pengasuhan berbasis lembaga dan prosesnya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, melalui dinsos setempat, dan dapat dikoordinasikan melalui Dinas PPPA. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya