Minggu 18 Juli 2021, 02:40 WIB

Pakar Sebut Ivermectin Tidak Terbukti Mampu Sembuhkan Covid-19

Atalya Puspa | Humaniora
Pakar Sebut Ivermectin Tidak Terbukti Mampu Sembuhkan Covid-19

Daniel MIHAILESCU / AFP
Pasien covid-19 dengan ventilator

 

PAKAR Penyakit Menular dari University of Maryland Faheem Younus mengungkapkan bahwa ivermectin sebenarnya tidak dapat digunakan untuk obat covid-19. Faheem menegaskan, dalam hal ini ia berbicara sebagai seorang pakar yang tentunya tidak terlepas dari data di lapangan.

"Memang ada studi yang berskala kecil yang menyatakan bahwa ivermectin berefek pada pasien covid-19. Tapi ada studi metaanalisis yang sampelnya sangat besar, dan dihasilkan bahwa obat tersebut tidak dapat menyembuhkan covid-19," ungkap Faheem, Sabtu (17/7).

Dia mengungkapkan, bahkan negara-negara yang telah terbukti dapat mengendalikan covid-19 seperti Taiwan dan Amerika Serikat pun tidak menggunakan ivermectin sebagai obat terapi.

"Jadi opini saya sebagai seorang pakar menyatakan bahwa saya tidak setuju apabila ivermectin digunakan sebagai obat covid-19," tegas Faheem.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan telah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan distribusi obat dengan persetujuan penggunaan daruraat.

Adapun, dalam surat tersebut pelaku usaha dan fasilitas pelayanan diminta untuk menyalurkan delapan jenis obat pendukung terapi covid-19 yang telah diberikan EUA. Lalu, delapan obat tersebut ialah Remendesivir, Favirapir, Oseltamivir, Immunoglobulin, Ivermectin, Tocilizumab, Azthromycin, dan Dexametason. (OL-4)

Baca Juga

Foto/Dok.MI

Peduli Lingkungan, Industri Kosmetik Turut Dukung Kampanye Sustainability

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 19:32 WIB
Keuntungan penjualan dari produk kosmetik akan digunakan untuk mengadopsi bibit kayu keras di wilayah Kalimantan tepatnya di sekitar...
Antara/HO-BNPT

Ketua MUI: Maknai Maulid Nabi untuk Menjaga 'Ukhuwah Wathaniyah'

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:33 WIB
Yusnar Yusuf Rangkuti menuturkan Maulid Nabi dapat dimaknai menjaga ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan) untuk menjadikan...
Kemenag

Kemenag Luncurkan Buku Manasik Haji dan Umrah Masa Pandemi Covid-19

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 16:15 WIB
KEMENTERIAN Agama meluncurkan buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah pada Masa Pandemi guna menjawab kebutuhan umat di masa pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya