Sabtu 17 Juli 2021, 22:23 WIB

Penyekatan PPKM Darurat Tidak Efektif, Jokowi Cari Strategi Lain

Andhika prasetyo | Humaniora
Penyekatan PPKM Darurat Tidak Efektif, Jokowi Cari Strategi Lain

SETPRES/LUKAS
Presiden Joko Widodo

 

TINGGINYA penularan covid-19 yang masih di atas 50 ribu kasus positif per hari tidak membuat Presiden Joko Widodo segera memutuskan kelanjutan pelaksanaan PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

Ia mengatakan, untuk bisa memutuskan apakah kebijakan tersebut akan diteruskan atau tidak, diperlukan perhitungan yang matang.

"PPKM Darurat diperpanjang tidak? Kalau mau diperpanjang, sampai kapan? Ini betul-betul sangat senstif sehingga harus diputuskan dengan pemikiran yang jernih. Jangan sampai keliru," ujar Jokowi dalam rapat terbatas evaluasi PPKM Darurat sebagaimana disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7).

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, kepala negara melihat pelaksanaan PPKM Darurat sejauh belum efektif.

Hal itu terlihat dari masih ada banyak kerumunan masyarakat, ramainya jalan-jalan di sejumlah kawasan meskipun penyekatan sudah dilakukan.

Baca juga: Luhut Sampaikan Maaf Pelaksanaan PPKM Darurat belum Optimal

"Kita telah melakukan penyekatan-penyekatan, tapi kalau saya lihat malam, juga pagi tadi saya ke Pulo Gadung, saya lihat masih cukup ramai. Artinya, penyekatan ini perlu kita evaluasi. Apakah efektif menurunkan kasus, karena yang terkena sekarang ini banyak di keluarga-keluarga. Atau ada strategi lain yang mungkin bisa kita intervensikan ke sana," jelas mantan wali kota Solo itu.

Untuk itu, Presiden meminta agar ada kajian lebih detail mengenai efektivitas penyekatan. Menurut presiden, penerapan protokol kesehatan secara disiplin, terutama penggunaan masker, menjadi kunci untuk mengendalikan penyebaran kasus Covid-19.

"Karena klasternya sudah masuk ke keluarga, kuncinya itu justru urusan memakai masker, kedisiplinan protokol kesehatan, memakai masker terutama. Tinggal, seperti yang saya minta sejak awal, BNPB bekerja keras betul urusan yang berkaitan memberi masker, kampanye masker yang saya lihat sampai saat ini belum," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

dok.Unas

Ada 2.710 Mahasiswa Baru Unas Ikuti PLBA secara Daring

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 16:00 WIB
Sebanyak 2.710 mahasiswa baru Unas mengikuti Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) secara...
ANTARA/Adiwinata Solihin

Disdik DKI Pastikan Rencana PTM di 1.500 Sekolah Jalan Terus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 24 September 2021, 15:51 WIB
Kasubbag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja, menegaskan saat ini proses asesmen untuk pembukaan sekolah tatap muka di kurang lebih 890...
Antara

Terima Aduan 19 Ribu Guru Honorer, PGRI Desak Perbaikan Sistem Rekrutmen PPPK

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 24 September 2021, 15:45 WIB
PENGURUS Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) menerima sekitar 19.752 aduan dari para guru honorer dari berbagai daerah di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya