Selasa 13 Juli 2021, 18:12 WIB

Pemerintah Segera Terbitkan Juknis Pelaksanaan Vaksinasi Individu

Atalya Puspa | Humaniora
Pemerintah Segera Terbitkan Juknis Pelaksanaan Vaksinasi Individu

Antara
Seorang anak mengikuti program vaksinasi covid-19 di Jakarta.

 

PEMERINTAH tengah menyusun petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi gotong royong individu. Hal itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi.

"Kemenkes dengan BUMN dan Bio Farma saat ini tengah menyiapkan petunjuk teknis untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong individu. Kita harapkan dapat sesegera mungkin difinalisasi," ujar Nadia dalam konferensi pers virtual, Selasa (13/7).

Nadia pun mengimbau fasilitas kesehatan yang akan melaksanakan program tersebut untuk menunggu keluarnya petunjuk teknis. Dalam hal ini, sebelum melaksanakan program vaksinasi individu. Imbauan serupa juga ditujukan kepada dinas kesehatan di wilayah.

Baca juga: Ini Penjelasan Menkes Soal Vaksinasi Berbayar

"Dinas kesehatan diharapkan untuk menunggu juknis yang akan ditetapkan Kemenkes, sebelum memberikan user ID kepada fasilitas kesehatan yang akan melayani vaksinasi gotong royong individu," imbuh Nadia.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa vaksinasi gotong royong individu tidak akan mengganggu program vaksinasi nasional. Sebab, mulai dari jenis vaksin, fasilitas kesehatan, hingga tenaga kesehatan yang dilibatkan, pun berbeda dengan program vaksinasi nasional.

Baca juga: Aktivis: Vaksin Berbayar Saat Pandemi Langgar Konstitusi

"Ini sebagai salah satu opsi dalam rangka memperluas, mempercepat dan mendekatkan akses untuk pelayanan vaksinasi. Vaksinasi gotong royong ini tidak wajib dan tidak menghilangkan hak masyarakat untuk memperoleh vaksin gratis," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan vaksinasi gotong royong merupakan upaya untuk memperluas cakupan vaksinasi. Mengingat, banyak pengusaha yang belum bisa mendapatkan akses program vaksinasi gotong royong melalui Kadin Indonesia.

“Jadi, ada beberapa misalnya perusahaan pribadi atau perusahaan kecil itu juga mau mendapatkan akses vaksin gotong royong, tetapi belum bisa masuk melalui programnya Kadin,” jelas Budi.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/HO

Tuan Guru Dorong Pembangunan Daerah Melalui Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 14:03 WIB
TUAN Guru dorong Majelis Taklim meningkatkan solidaritas dan menjaga ketahanan keluarga secara utuh dan solid yang berdampak pada mutu dan...
Dok. BRI

BRI Resmi Luncurkan Program BFJ 2023

👤Akhmad Mustain 🕔Minggu 29 Januari 2023, 12:50 WIB
Setelah sukses dengan tiga gelombang awal, BRI resmi meluncurkan Program BRI Fellowship Journalism 2023 Bacth 4 (BFJ...
MI/RAMDANI

Ini Jumlah Kalori Tambahan yang Dibutuhkan Ibu Hamil

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 29 Januari 2023, 10:00 WIB
Berkonsultasi lebih lanjut pada dokter mengenai tambahan kalori tetap disarankan untuk membantu ibu hamil mencapai berat badan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya