Rabu 16 Juni 2021, 19:25 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, Perusahaan Diminta Utamakan Keselamatan Pekerja

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kasus Covid-19 Melonjak, Perusahaan Diminta Utamakan Keselamatan Pekerja

Antara
Ilustrasi penumpang KRL Commuter Line yang berjalan di stasiun.

 

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengingatkan perusahaan terus menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja dengan ketat. Langkah ini penting untuk melindungi pekerja dari ancaman penularan covid-19.

“Terkait lonjakan kasus covid-19 yang terjadi di beberapa daerah, kita mengingatkan perusahaan agar menerapkan protokol pencegahan covid-19 di tempat kerjanya,” ujar Ida dalam keterangan resmi, Rabu (16/6).

Baca juga: Indonesia Dukung 3 Isu Prioritas Ketenagakerjaan Forum G20

Menurutnya, disiplin protokol kesehatan bagian dari upaya perlindungan atas keberlangsungan usaha. Sekaligus, melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja di tempat kerja.

“Kita utamakan keselamatan pekerja dengan melakukan pencegahan covid-19 di tempat kerja. Kalau semuanya sudah membaik, kita harapkan produktivitas usaha berangsur pulih. Perekonomian nasional juga kembali normal,” imbuh Ida.

Sejak awal munculnya pandemi covid-19, pihaknya telah mengeluarkan beberapa aturan untuk pencegahan dan penanggulangan. Misalnya, Surat Edaran (SE) Menaker Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Baca juga: Satgas Ingatkan Daerah Gotong-Royong Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

“Dengan mengikuti aturan dan menjalankan protokol kesehatan, kita bisa tekan penyebaran atau klaster baru di tempat kerja," pungkasnya.

Kemnaker juga telah melakukan sosialisasi dan pengawasan langsung ke berbagai kawasan industri, pusat perbelanjaan, hingga perhotelan. Pihaknya melihat ada kesadaran dari pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat kerja.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Dok. Biro Pers Setpres

Jokowi: Kasus Covid-19 di Jawa Turun, Namun Luar Jawa Mulai Naik

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:47 WIB
Menurut Kepala Negara, penurunan kasus covid-19 di wilayah Jawa salah satunya tecermin dari tingkat BOR di RSDC Wisma Atlet, yang saat ini...
AFP/GEOFF CADDICK

1 Dosis Vaksin AstraZeneca 82% Efektif Tangkal Varian Baru Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:47 WIB
"Vaksin ini juga menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi terhadap varian Delta dan Alpha dengan pengurangan rawat inap atau...
Ist

Promosi Pariwisata, Seorang Milenial Gelar Ekspedisi Solo Keliling Danau Toba

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:27 WIB
Agar pariwisata Danau Toba serta adat istiadat dan budaya yang mendukungnya semakin dikenal masyarakat, Marco menggelar ekspedisi solo...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya