Minggu 23 Mei 2021, 14:16 WIB

Data Bocor,Menkominfo Ditagih Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Data Bocor,Menkominfo Ditagih Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

ANTARA/JOJON
Sejumlah warga mengantre untuk memperbaharui data peserta BPJS di Kantor BPJS Cabang Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (4/1/2021).

 

Anggota Advokasi Peduli Komunikasi Indonesia, Fista Sambuari menyayangkan munculnya pembocoran data BPJS Kesehatan karena ketidakseriusan Menkominfo untuk mendorong pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi.

"Dari tahun lalu kami sudah mendorong Menkominfo untuk segera serius untuk mengesahkan RUU Perlindungan Data Pribadi, tapi mana realisasinya" kata Fista dalam keterangannya, Minggu (23/5).

Baca juga: Cegah Kecurangan Vaksinasi, Komunikasi Publik Harus Ditingkatkan

Dia menyebut padahal apabila sudah ada payung hukum Perlindungan Data Pribadi tidak perlu ada klarifikasi lagi seperti yang telah dilakukan BPJS Kesehatan dengan Menkominfo maupun dengan Bareskrim.

"Kalau sudah ada UU Perlindungan Data Pribadi langsung saja kan Kepolisian tindak, yah kalau terjadi pembocoran data pada institusi yah otomatis yang harus bertanggung jawab adalah Direksi," ujar Fista

Fista menerangkan, dalam RUU Perlindungan Data Pribadi Pasal 41 disebutkan Pengendali Data Pribadi wajib bertanggung jawab atas pemrosesan Data Pribadi dan menunjukkan pertanggungjawabannya dalam pemenuhan kewajiban pelaksanaan perlindungan data pribadi.

"Pengendali data pribadi itu ya setiap orang, badan publik, organisasi/institusi (Pasal 23)," terangnya.

Dibanding Menkominfo blokir internet di wilayah tertentu mendorong pengesahan RUU Data Pribadi lebih penting karena kebocoran data pribadi di Indonesia sangat sering terjadi.

"Berhubung RUU Perlindungan Data Pribadi belum disahkan maka Kepolisan tetap berpedoman pada UU ITE khusus nya mengenai Intersepsi yang merugikan publik," pungkas Fista. (H-3)

Baca Juga

Dok. APP Sinar MAs

Dukung Mitigasi Perubahan Iklim, APP Sinar Mas Bersama Mitra Bisnis Tanam Pohon Dengan Wadah Biodegradable

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:17 WIB
Kegiatan penanaman yang dilakukan di Rusun Nagrak Cilincing Jakarta Utara tersebut menggunakan wadah tanam non plastik yang merupakan salah...
DOK Instagram.

Segera Periksa ketika Nyeri Bahu Berkepanjangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:15 WIB
Bicara soal gejala, beberapa di antaranya yang dapat dirasakan langsung ialah nyeri atau kesakitan di area bahu, ketidakstabilan dan...
Dok. Kemendikbudristek

Tingkatkan Cakupan Imunisasi, Kemendikbudristek Dukung Imunisasi Anak Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:12 WIB
kegiatan imunisasi itu merupakan bentuk dukungan sekaligus sosialisasi yang dilakukan oleh Kemendikbudristek agar seluruh siswa di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya