Kamis 29 April 2021, 19:44 WIB

PTS Dengan Jumlah Mahasiswa Di Bawah 1000 Orang Akan Dimerger

Syarief Oebaidillah | Humaniora
PTS Dengan Jumlah Mahasiswa Di Bawah 1000 Orang Akan Dimerger

DOK Kemendikbud
Sesditjen Dikti Kemendikbud Ristek Paristiyanti Nurwardani

 

DIREKTORAT Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berencana menjalankan program merger atau penggabungan sekitar 1.600 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dalam program ini, PTS yang akan dimerger merupakan PTS yang jumlah mahasiswanya di bawah 1000 orang,

Hal itu diungkapkan Sesditjen Dikti Kemendikbud Ristek Paristiyanti Nurwardani, Kamis (29/4). Menurut Paris pihaknya akan bertanggung jawab jika PTS mau ikut dalam program merger. "Kami siapkan budget untuk fasilitasi merger mulai dari pertemuan hingga SK merger. Notaris pun dibiayai. Jadi tinggal melakukan apply ke Ditjen Dikti," ungkap Paris.

Lebih lanjut, Paris menjelaskan jumlah PTS di bawah Kemendikbud saat ini mencapai 3.021. Dari jumlah tersebut, hanya 19 PTS yang memiliki jumlah mahasiswa di atas 20 ribu. Sedangkan PTS yang memiliki mahasiswa antara 1.000 hingga 20 ribu orang berjumlah ratusan.

Yang memperihatinkan dari pantauan Dikti, lanjut Paris, terdapat sekitaar 2000 PTS yang mahasiswanya kurang dari 1000 orang. Bahkan terdapat 336 PTS tidak memiliki mahasiswa alias nol mahasiswa.

"Artinya apa, mereka hanya punya izin namun tidak punya mahasiswa. Tentu hal ini tidak dapat meningkatkan kualitas. Maka kami akan lakukan pendekatan dan pembinaan," jelas Paris.

Di sisi lain, Paris juga mengutarakan terdapat lima PTS yang memiliki izin diduga palsu. PTS tersebut berada di Provinsi Jawa Timur yang kemudian pindah ke Provinsi Banten.

"Izin operasional yang dipalsukan di antaranya SK Izin Perubahan nama dan lokasi. Lalu izin pembukaan program pendidikan (prodi) akuntansi untuk jenjang sarjana di PTS tersebut, " tukasnya. (OL-15)

Baca Juga

Setwapres

Wapres Dorong NU Terdepan Atasi Persoalan Sosial

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:49 WIB
Ma'ruf Amin menjelaskan saat ini umat tengah dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang memiliki dua...
Dok. Universitas Pancasila

Gandeng Universitas Cenderawasih, Universitas Pancasila Jalin Kolaborasi di Bidang Olahraga dan Akademik 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:45 WIB
Adanya kolaborasi ini memberi kesempatan kepada kedua kampus untuk bisa melakukan pertukaran mahasiswa dan...
Dok. Kalbis Institute

Kalbis Institute Luncurkan Program Management in Family Bussiness 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:36 WIB
Program itu bertujuan untuk bisa menjadi jembatan bagi seluruh mahsiswa agar bisa melanjutkan serta mengembangkan usaha yang telah dirintis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya