Kamis 25 Maret 2021, 22:39 WIB

Santri MAN 1 Brebes Juarai Kontes Robot Nusantara

Supardji Rasban | Humaniora
Santri MAN 1 Brebes Juarai Kontes Robot Nusantara

MI/Supardji Rasban
Santri MAN 1 Brebes M. Haidar Hamzah (memegang robot) dibantu rekannya.

 

DUA orang santri Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Brebes, Jawa Tengah, berhasil menjuarai kontes robot nusantara. Kedua santri tersebut merancang robot kategori maze solving, yang bisa diaplikasikan untuk membawa makanan maupun mengantar obat-obatan di sebuah rumah sakit.

Adalah robot rancangan Muhammad Haidar Hamzah dan Hanum Aliya, santri dan santriwati kelas 10 dan 11 MAN 1 Brebes, yang berhasil meraih medali emas di kontes robot nusantara 2021 di jakarta beberapa waktu lalu. Robot kategori maze solving menggunakan lima sensor infrared, dua motor servo dan baterai 9 volt.

Robot tersebut bisa bergerak dengan mengikuti jalur berwarna hitam di atas permukaan berwarna putih, yang telah sebelumnya telah terlebih dulu diprogram menggunakan komputer.

"Robot ini akan memilih jalur tercepat di peta membutuhkan waktu 23 detik," ujar Haidar di sekolahnya, Kamis (25/3/2021).

Kepala MAN 1 Brebes, Ahmad Najid, menyampaikan pihaknya mendukung penuh kreatifitas para santri dan santriwati tidak hanya di bidang agama, namun juga di bidang teknologi robotik.

Dalam waktu dekat MAN 1 Brebes juga akan mengirim perwakilan santri untuk mengikuti kontes robot se-Asia di Singapura April mendatang. "Kami minta doa agar anak-anak kita berhasil di kancah Asia," pinta Najib.

Menurut Najib, selain dua satri tersebut, dua santri lainnya yakni Ibnu Farhan Toriq dan Khoirul Anam juga meraih medali perunggu pada kontes robot nusantara kategori creatif MRT.  "Keduanya merancang robot national deffense atau robot pelontar musuh," terang Najib. (OL-13)

Baca Juga: ‘The Milestone’ Kolaborasi Seni dari Artotelartspace & Labx Galery

 

 

Baca Juga

AFP/Hazem Bader.

MUI dan Wali Kota Hebron Teken Kesepakatan Pembangunan RSIH

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 19:03 WIB
Pembangunan RSIH menjawab kebutuhan nyata bagi masyarakat Palestina terkait akses kesehatan dan minimnya layanan...
Ist

Gaya Content Creator Anak Muda Bisa Tingkatkan Kepedulian Tangani Sampah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 18:48 WIB
Beberapa peserta yang hadir secara daring mengungkapkan antusiasmenya dalam mencari ide pemecahan masalah sampah makanan melalui media...
AFP

Prediksi Sebelum Munculnya Omicron, Gelombang ke-3 bisa Capai 400 Ribu Kasus

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 29 November 2021, 18:19 WIB
Tingkat penularan yang diinput sebesar 40 hingga 50 persen. Dewi mengeklaim skenario tersebut dibuat sebelum muncul temuan virus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya