Kamis 11 Maret 2021, 11:35 WIB

Isra Mikraj, Peristiwa Monumental yang Mengajarkan Sikap Moderat

Zubaedah Hanum | Humaniora
Isra Mikraj, Peristiwa Monumental yang Mengajarkan Sikap Moderat

Kemenag
Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan tausiyah peringatan Isra Miraj secara daring.

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mengatakan peringatan Isra Mikraj merupakan peristiwa spiritual penting dan monumental bagi umat Islam. Peristiwa itu menyatakan tanda-tanda kebesaran Allah melalui perjalanan Nabi Muhammad SAW.

Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjdil Aqsa dan menuju langit, menjemput perintah Allah kepada umat untuk menunaikan salat lima waktu.

Hal ini disampaikan Wapres KH Ma'ruf Amin melalui video converence di peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan Tahun 2021M/1442H, Rabu (10/3) malam.

"Dengan peristiwa ini Nabi Muhammad SAW banyak mendapat manfaat, pengalaman dan pengetahuan. Nabi Muhammad adalah pemimpin besar yang bertugas memperbaiki kehidupan umat," kata Ma'ruf Amin, dilansir dari laman Kementerian Agama.

"Peristiwa tersebut juga mengajarkan perlunya  sikap kepemimpinan yang sabar, bijaksana, dan berkeadilan dalam menyampaikan misi dakwah dengan membangun umat lewat sikap moderat," lanjut Wapres lagi.

Dijelaskan Wapres, sikap moderat yang diajarkan Rasulullah lewat peristiwa Isra Mikraj dapat dijalankan dalam berbagai hal, mulai dari bersikap hingga beribadah yang tidak berlebihan.

"Sikap moderat Nabi Muhammad ini sangat relevan dijadikan pedoman dalam memajukan bangsa Indonesia secara bersama-sama berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," pesannya.

Dalam perspektif Islam, kata Ma'ruf, bangsa Indonesia dibangun berdasarkan kesepakatan dengan cara mengembangkan prinsip persaudaraan sesama anak bangsa dan persaudaraan Islam.

"Saya mengajak mari kita bekerja keras dan bergotong royong mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera dengan berbuat kebajikan dan amal saleh yang pasti diganjar Allah dengan kehidupan yang baik di dunia serta balasan di akhirat kelak," tuturnya.

Secara daring, gelaran Isra Mikraj 2021 itu juga diikuti para duta besar negara sahabat, Menteri Kabinet Indonesia Maju, segenap keluarga besar PTKIN, Kanwil Kemenag se Indonesia, perwakilan ormas Islam dan undangan lainnya.

Gelaran spiritual umat muslim Indonesia yang berlangsung dengan protokol kesehatan Covid-19 ini menghadirkan Ustaz kondang Das'ad Latif yang juga dosen dan peneliti Universitas Hasanuddin Makassar untuk mengisi tausiyah. (H-2)

Baca Juga

MI/Seno

Mencintai Allah di Atas Harta, Pasangan dan Anak

👤Quraish Shihab 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 05:15 WIB
TAFSIR Al Mishbah episode 26 melanjutkan pembahasan surah At-Taghabun dimulai dari ayat...
MI/Adam Dwi

Merangkai Idul Fitri dengan Puasa Ramadan

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 05:10 WIB
Menyambut Idul Fitri perlu mengedepankan kesahajaan dan tidak berlebihan karena Allah tidak menyukai hamba yang melampaui...
Dok Turknesia

Mahasiswa Indonesia di Turki Lakukan Aktivitas Perkuliahan Daring

👤Retno Hemawati 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 04:11 WIB
Selain itu mereka juga diawasi secara ketat oleh petugas kesehatan setempat dengan ancaman denda yang cukup...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya