Selasa 09 Maret 2021, 16:10 WIB

Penanganan Covid-19 Belum Optimal, Kasus Rentan Meningkat

Faustinus Nua | Humaniora
Penanganan Covid-19 Belum Optimal, Kasus Rentan Meningkat

Antara/Nyoman Hendra
Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen bagi warga di Denpasar, Bali.

 

WAKIL Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan banyak hal yang dipelajari dalam upaya penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. 

Salah satu pelajaran yang dipetik ialah kasus positif dan kasus kematian yang meningkat disebabkan belum optimalnya upaya penanganan.

"Kita sudah mempelajari bagaimana pertumbuhan kasus ini secara eksponensial. Itu meningkat, terutama ketika sudah masuk pada liburan tertentu yang agak panjang," ujar Dante dalam rakornas virtual, Selasa (9/3).

Baca juga: Satgas Covid-19: Posko Desa Efektif Perkuat PPKM Mikro

Menurutnya, terjadi mobilitas yang tinggi dan tidak diikuti penerapan protokol kesehatan ketat saat libur panjang. Hal itu kemudian berdampak langsung pada penyebaran covid-19.

Dante menyebut kendala penanganan covid-19 masih berada pada tingkat masyarakat dan pemerintah. Banyak masyarakat yang enggan menerapkan protokol kesehatan, bahkan mulai lelah.

"Di tingkat masyarakat itu sudah mulai lelah tingkat kepatuhan untuk menjalankan 3M. Di beberapa tempat itu menjadi kendor dan dilanggar," pungkas Dante.

Baca juga: Ini Tiga Faktor yang Berubah dalam Dunia Kerja Saat Pandemi

Peningkatan kasus covid-19 tidak bisa dihindari tanpa menajalankan pelacakan masif. Hal itu merupakan kendala di tingkat pemerintah, karena upaya 3T juga belum maksimal.

Lebih lanjut, Dante mengatakan 3T masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah di tengah upaya vaksinasi bagi 182 juta penduduk. Indonesia belum bisa menjalankan 3T secara massal. Sejauh ini, penanganan masih sebatas pada pasien dengan gejala covid-19, atau yang melakukan perjalanan.

Kendati demikian, upaya 3T terus ditingkatkan dalam beberapa waktu terakhir. Pemerintah juga menambah fasilitas laboratorium pengujian covid-19 di sejumlah daerah.(OL-11)
 

Baca Juga

Antara/Makna Zaezar

Jelang Hari Terakhir, Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 Berjalan Baik

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 17 April 2021, 19:15 WIB
Sejak dimulai pada 12 April hingga hari ini ke-6 atau jelang hari ujian terakhir besok, Minggu 18 April, tak ada laporan terkait peserta...
Antara/HO

Moderasi Upaya Hindarkan Bahaya Radikalisasi di Kalangan Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 19:00 WIB
Pendidikan dan sosialisasi untuk melawan radikalisme dan terorisme kepada anak muda milenial sangat penting apalagi di masa teknologi...
Ilustrasi

Siklon Tropis Surigae bakal Bikin Hujan Lebat di Provinsi Ini

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 18:30 WIB
"Posisinya sudah semakin jauh dari wilayah Indonesia karena arah geraknya ke barat daya menjauhi wialyah Indonesia. Namun demikian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya