Selasa 09 Maret 2021, 06:11 WIB

Satgas Covid-19: Posko Desa Efektif Perkuat PPKM Mikro

Mediaindonesia.com | Humaniora
Satgas Covid-19: Posko Desa Efektif Perkuat PPKM Mikro

ANTARA
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

 

PEMBENTUKAN Pos Komando (Posko) tingkat desa dan kelurahan dinilai efektif menurunkan kasus covid-19 di daerah yang menggelar PPKM Mikro.

"Saya berikan apresiasi kepada seluruh provinsi yang telah berupaya mengkoordinasikan daerahnya hingga ke tingkat desa dan kelurahan, sehingga posko yang berfungsi sebagai pelaksana PPKM mikro, dapat terbentuk dan berjalan dengan baik," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam siaran pers Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Selasa (9/3).

Adapun posko desa/kelurahan yang sudah terbentuk mencapai 22.832 posko yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Terdapat tiga provinsi dengan jumlah posko desa/kelurahan terbanyak, yakni Jawa Barat sebanyak 6.873 posko, Jawa Tengah 6.475 posko dan Jawa Timur 4.216 posko. Saat ini, hal yang telah dilakukan posko adalah edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan 3M, pembagian masker dan penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Dari seluruh provinsi, Jawa Barat terbanyak melaporkan yaitu melebihi 350 ribu laporan kinerja. Diikuti Banten melebihi 200 ribu laporan kinerja dan DI Yogyakarta dengan lebih dari 170 ribu laporan kinerja," kata Wiku.

baca juga: Kemendagri: Minimal 8% Dana Desa untuk Dukung PPKM Mikro

Dari total laporan yang masuk, kegiatan yang paling banyak mendapat teguran dari posko adalah kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pesta pernikahan, kegiatan rapat dan kegiatan keagamaan.

"Ingat, mohon dijaga semangat gotong royong dan bahu membahu dalam menjalankan PPKM mikro hingga tingkat terkecil, tidak hanya pada awal pelaksanaan namun seterusnya hingga kasus dapat kita tekan, dan penananganan di tingkat nasional dapat membaik secara signifikan," kata Wiku. (Ant/OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Hanta Yuda Raih The Best Excellence in Leader & Profesional 2021

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 11 April 2021, 19:24 WIB
DIREKTUR Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda kembali meraih penghargaan bergengsi dalam bidang pengembangan...
Ist/KLHK

Kerja Sama Atasi Perubahan Iklim, Menteri LHK: Ini Jadi Rintisan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 19:18 WIB
Dengan adanya perjanjian kerja sama antara Ditjen PPI dan FIA Unilak diharapkan target 20.000 lokasi program kampung iklim (Proklim) juga...
Ist

Tetap Fit dan Aktif Saat Puasa dengan Meniru Gerakan Hewan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 18:49 WIB
Internasional trainer Agnes Julianto mengatakan Animal Flow dapat meningkatkan fleksibilitas persendian dan daya tahan tubuh selama...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya