Senin 18 Januari 2021, 10:55 WIB

Menkes Tinjau Fasilitas Kesehatan di Sulbar

Humaniora | Humaniora
Menkes Tinjau Fasilitas Kesehatan di Sulbar

ANTARA/SIGID KURNIAWAN
Pengungsi korban gempa beristirahat di tenda darurat yang mereka buat di kompleks Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (17/1).

 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi meninjau RSUD Sulawesi Barat di Mamuju yang terletak di lokasi gempa yang terjai pada Kamis (14/1) dan Jumat (15/1). Kedatangan Menkes untuk memastikan tenaga kesehatan dalam kondisi aman dan pelayanan kesehatan bagi korban gempa terlaksana dengan baik.

Menuruts Budi, kondisi fisik RSUD Sulbar mengalami banyak kerusakan akibat gempa sehingga banyak pasien yang berada di luar ruang.

Baca juga: 10 Kabupaten/Kota Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan

"Namun terlihat sudah ada tenda yang bagus dan teman-teman tenaga kesehatan dari Makassar juga sudah membantu, juga datang obat-obatan sudah lengkap agar beberapa tindakan operasi bisa dilakukan di sini. Saya berterima kasih pada dokter dan perawat yang sudah mau meluangkan waktu untuk datang ke sini," kata dia dalam keterangan resmi, Minggu (17/1).

Ia juga menanyakan kebutuhan yang diperlukan untuk menangani korban gempa tersebut. "Dan saya juga sudah menangkap, mendengarkan kebutuhan mereka apa saja. Mudah-mudahan bisa segera kita penuhi agar bisa melayani masyarakat di Mamuju ini dengan sebaik-baiknya," ujarnya. 

Budi juga mengajak kepada para dokter di sekitar daerah tersebut untuk datang membantu. Saat ini banyak dibutuhkan dokter terutama ortopedi.

Kementerian Kesehtan menurunkan tim ke lokasi dengan pesawat Hercules. Kemenkes juga mengirimkan 25 ambulans, 4 tenda peralatan ortopedi, obat-obatan ortopedi, dan logistik kesehatan.

Logistik kesehatan yang terkirim ke lokasi bencana hingga saat ini adalah peralatan ortopedi, obat-obatan ortopedi, tenda 203 buah, family hygiene kit, penambah daya tahan tubuh (makanan tambahan dan multivitamin), kelambu 86 buah, dan kebutuhan lainnya. (H-3)
 

Baca Juga

Ilustrasi

Sejumlah Cendekiawan Gelar Simposium Bedah Tantangan Bangsa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:52 WIB
Simposium nasional bertajuk Memajukan Kesejahteraan Umum itu diyakini dapat menjadi visi utama yang ingin dicapai pada tahun 2045 sekaligus...
MI/Dwi Apriani

Pemerintah Buat Langkah Pencegahan Mutasi Korona B117

👤Antara 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:46 WIB
Masyarakat harus semakin meningkatkan...
Medcom

Mahasiswa Dituntut Miliki Kemampuan Hadapi Persaingan Global

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:41 WIB
MAHASISWA dituntut tidak hanya memiliki ilmu yang didapat di bangku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya