Kamis 14 Januari 2021, 11:45 WIB

Wamenkes: Belum Ada Sanksi Bagi yang Menolak Vaksin

Humaniora | Humaniora
Wamenkes: Belum Ada Sanksi Bagi yang Menolak Vaksin

ANTARA/ Abriawan Abe
PENCANANGAN VAKSINASI COVID-19: Petugas medis memperlihatkan cairan vaksin saat pelaksanaan vaksinasi covid-19 di rumah sakit

 

WAKIL Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan belum ada sanksi yang ditetapkan bagi masyarakat yang menolak untuk divaksin covid-19. "Sekarang belum ada sanksi atau belum ditetapkan punishment bagi yang tidak divaksinasi," kata Wamenkes Dante seusai divaksinasi covid-19 di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Kamis (14/1).

Menurut Dante, saat ini pemerintah masih menggunakan pendekatan persuasif bagi masyarakat agar mau melakukan vaksinasi covid-19. Untuk saat ini program vaksinasi difokuskan terlebih dulu bagi tenaga kesehatan karena merupakan kelompok yang paling berisiko terinfeksi covid-19.
"Tahap pertama sekarang tenaga medis, dengan mempertimbangkan tenaga medis yang paling mengetahui pertimbangan efek dan kondisi vaksin, maka kita akan memberikan contoh pada masyarakat bahwa tenaga medis saja mau divaksin, apalagi masyarakat luas," kata Dante.
Wamenkes mengingatkan bahwa tujuan dari program vaksinasi adalah untuk mencapai kekebalan bersama atau herd immunity terhadap virus SARS CoV 2 penyebab covid-19. Vaksinasi bukan bertujuan hanya untuk kekebalan individu, melainkan harus bersama-sama dilakukan agar tercipta kekebalan kelompok yang lebih besar yang menyebabkan virus SARS CoV 2 tidak bisa memiliki tempat untuk menulari.
Oleh karena itu Dante mengharapkan masyarakat mau bersama-sama berparitisipasi dalam program vaksinasi covid-19 untuk menyukseskan tujuan tersebut. Dante menyebut pemerintah menargetkan proses vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok minimal pada 70 persen penduduk Indonesia yang dilakukan secara persuasif.(Ant/H-1)

Baca Juga

Worldometer

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, Pemerintah Siapkan Langkah Khusus

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:55 WIB
Presiden minta dilakukan perubahan strategi dan...
Antara

BMKG: Banjir Aceh Dipicu Curah Hujan Ekstrem hingga 175 mm

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:40 WIB
Banjir menjadi bencana yang paling dominan di...
MI/Depi Gunawan

Sesar Lembang Masih Aktif, BMKG Monitor Sejak 1963

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:39 WIB
"Keaktifan sesar ini diindikasikan dengan adanya aktivitas gempa-gempa kecil yang masih terjadi di sepanjang jalur Sesar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya