Minggu 15 November 2020, 13:10 WIB

Pandemi Covid-19 Percepat Transformasi Pendidikan di Unpad

Zubaedah Hanum | Humaniora
Pandemi Covid-19 Percepat Transformasi Pendidikan di Unpad

Unpad
Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti

 

METODE jarak jauh yang diterapkan selama pandemi covid-19 telah mengubah lansekap baru sistem pendidikan di perguruan tinggi. Hal itu diutarakan oleh Rektor Universitas Padjadjaran Prof Rina Indiastuti.

"Hikmah pengubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi daring (remote) hingga kemudian menjadi kombinasi luring dan daring (hibrida) adalah mempercepat tranformasi pendidikan di Unpad," sebut Prof Rina, seperti dikutip dari laman Universitas Padjadjaran, Minggu (15/11).

Prof Rina menjelaskan, metode pembelajaran hibrida selama pandemi Covid-19 dapat mendukung kebijakan pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome-based education/OBE) yang didorong pemerintah selama ini.

Dengan prinsip fleksibel, seamless, dan personal pada metode blended learning, imbuhnya, hal itu akan mempercepat outcome base education. Ia berpandangan, OBE penting dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menjamin pendidikan yang diberikan itu berkualitas dan relevan.

"Tuntutan pemenuhan SDM unggul yang adaptif, kreatif, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan saat ini menjadi tugas perguruan tinggi. Karena itu, lulusan perguruan tinggi harus disiapkan agar mampu adaptif dan memenuhi kebutuhan tersebut," sebutnya.

Mahasiswa maupun alumni wajib memiliki higher order thinking skills (HOTS), yaitu berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Rina mengatakan, OBE dapat mendukung pemenuhan tuntutan tersebut.  “Sebab, IPK tinggi saja tidak cukup,” imbuhnya.

Selain itu, pendidikan tinggi Indonesia juga dituntut untuk berstandar internasional. OBE dapat menjadi standar bagi pendidikan tinggi untuk memperoleh rekognisi internasional. (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Subur Atmamihardja

Peningkatan Kasus DBD di Daerah Mesti Diantisipasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:48 WIB
Situasi dengue di Indonesia sampai pekan ke 30 tahun ini secara kumulatif terlaporkan 68.903 kasus dengan kematian mencapai 640...
DOK MI.

Nama-Nama Dinosaurus Terpopuler yang Pernah Hidup di Zaman Mesozoikum

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 18:55 WIB
Kata dinosaurus berasal dari bahasa Yunani yaitu deinos yang berarti kuat, mengerikan, dan hebat serta sauros yang berarti...
DOK.MI

Wartawan Senior MI Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Santri Tebuireng

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Senin 08 Agustus 2022, 18:38 WIB
Terdapat empat sifat penting yang patut dimiliki seorang yang melakukan tugas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya