Jumat 06 November 2020, 10:10 WIB

Kemenag Sebut PPIU Bertanggung Jawab Atas Karantina Jemaah Umrah

Nur Azizah | Humaniora
Kemenag Sebut PPIU Bertanggung Jawab Atas Karantina Jemaah Umrah

MI/M IRFAN
Calon jemaah umrah bersiap berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11).

 

KEMENTERIAN Agama meminta Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bertanggung jawab atas karantina jemaah yang tiba dari Arab Saudi. Ketentuan itu sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 719 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Covid-19.

"Karantina dilaksanakan dalam rangka proses pemeriksaan sampai keluarnya hasil tes swab," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam keterangan tertulis, Jumat (6/11).

Selain itu, PPIU juga harus menjalankan ketentuan karantina sesuai kebijakan pemerintah Arab Saudi. Para jemaah harus melakukan tes usap sebelum kembali ke Indonesia.

Baca juga: Pelaksanaan Ibadah Umrah Disesuaikan dengan Kondisi Pandemi

"Pemerintah Arab Saudi mewajibkan jemaah melakukan tes usap sebelum pulang ke Tanah Air dan PPIU bertanggung jawab memastikan seluruh jemaah menjalani protokol tersebut," ujarnya.

Setibanya di Indonesia, seluruh jemaah akan menjalani masa karantina di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Jemaah juga bisa menjalani karantina di hotel yang sudah ditunjuk Satuan tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19.

Sejak Rabu (4/11), jemaah asal Indonesia mulai melaksanakan ibadah umrah. Jemaah tersebut merupakan kelompok yang tiba pada 1 November 2020 dan sudah menjalani proses karantina di Makkah.

Pelaksanaan umrah dimulai pukul 16.00 waktu Arab Saudi. Jemaah yang telah tiga hari dikarantina dapat menjalankan ibadah sesuai aturan pemerintah Arab Saudi.

Sebanyak 38 jemaah asal Pakistan juga melaksanakan umrah bersama jemaah asal Indonesia. Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menyebut jemaah Indonesia akan mengambil miqat umrah dari Tan'im. Mereka dibawa dengan 13 bus yang kapasitasnya dibatasi. (OL-1)

Baca Juga

Ist/BRI

BRI Bagikan Ribuan Makanan Siap Saji untuk Korban Gempa di Sulbar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:52 WIB
Bantuan diberikan langsung oleh insan BRI (karyawan BRI) yang turun ke lapangan dengan membagikan ribuan makanan siap saji untuk para...
Dok: Humas Basarnas Bandung

28 Korban Meninggal Longsor Sumedang Berhasil Ditemukan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:19 WIB
Data per Minggu (17/1) pukul 03.59 WIB, total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 28 orang dan 12 orang masih dinyatakan...
ANTARA/ Muhamad Ibnu Chazar

Solusi Daur Ulang Sampah Medis

👤 Faustinus Nua 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:05 WIB
Semenjak masa pandemi, penggunaan masker medis pada masyarakat umum semakin meningkat, sehingga perlu antisipasi terhadap limbah masker...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya