Kamis 15 Oktober 2020, 14:40 WIB

Pengamat:Pengembang Wajib Tanggung Jawab Longsor Jagakarsa

Hilda Julaika | Humaniora
Pengamat:Pengembang Wajib Tanggung Jawab Longsor Jagakarsa

ANTARA/RENO ESNIR
Rumah warga rusak akibat tanah longsor di kawasan Ciganjur, Jakarta, Minggu (11/10)

 

Pengamat tata kota Nirwono Joga mengatakan pengembang dari Perumahan Melati Residence harus bertanggung jawab pada musibah longsor dan banjir di Jagakarsa. Bentuk tanggung jawab yang dimaksud dengan melakukan pembongkaran bangunan rawan longsor dan perbaikan tanggung serta dinding penahan tanah yang longsor tersebut.

“Pengembang wajib bertanggung jawab membongkar bangunan di rawan longsor dan memperbaiki tanggul dan dinding penahan tanah yang longsor tersebut,” kata Nirwono saat dihubungi Kamis (15/10).

Nirwono menilai pengembang menjadi salah satu pihak yang lalai dalam musibah ini. sehingga memang perlu diberikan sanksi tegas. Seperti pencabutan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan mengembalikan peruntukan hijau di bantaran kali.

Baca juga: Pemprov DKI Diminta Cabut KJP Pelajar yang Ikut Demo

“Pengembang juga harus diberi sanksi tegas seperti mencabut IMB dan mengembalikan peruntukan hijau di bantaran kali,” jelasnya.

Menurutnya, Pemprov DKI tidak perlu sulit dalam menangani investigasi masalah ini. Karena sudah jelas pengembang/developer yang melakukan pembangunan rumah di daerah tersebut. Ada identitas yang jelas dan mudah dilacak. Terlebih ketika sudah memiliki IMB maka akan terdata pihak-pihak yang memohon dan mengeluarkan IMB tersebut.

Pihak yang mengeluarkan IMB juga perlu untuk bertanggung jawab atas kejadian yang memakan satu korban jiwa ini.

“Mudah dicari siapa pengembang/developer yang membangun perumahan di lokasi musibah ini, ada nama dan alamat yang mudah untuk dilacak, apalagi kalau memiliki IMB akan terbaca siapa yang memohon IMB nama dan alamatnya serta siapa yang mengeluarkan IMB tersebut. Pihak yang mengeluarkan IMB juga harus diminta pertanggungjawaban kenapa mengeluarkan IMB di lokasi tersebut,” tandasnya. (H-3)

Baca Juga

Antara

Atasi PMK, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Darurat pada Ternak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 14:07 WIB
Sejauh ini, distribusi vaksin PMK sudah menyasar 19 provinsi tertular PMK, seperti Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jawa...
ANTARA / ADITYA PRADANA PUTRA

BMKG: Selatan Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 13:25 WIB
BMKG punya banyak bukti catatan gempa kecil bahkan dengan magnitudo 4,5 mampu menimbulkan kerusakan karena hiposenternya dangkap dengan...
Pexels

Kesepian Bisa Sebabkan Lansia Kurang Gizi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:15 WIB
"Lansia kita cukup banyak yang hidup sendiri. Kesepian membuat lansia malas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya