Senin 14 September 2020, 21:09 WIB

Jangan Abaikan Pujian Pada Anak

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Jangan Abaikan Pujian Pada Anak

Ilustrasi
Pujian untuk anak

 

MASIH banyak orang tua yang kerap mengabaikan atau melupakan ungkapan pujian kepada anaknya.

Padahal, menurut psikolog anak dan sekolah Global Sevilla, Alva Paramitha, pujian dapat tingkatkan rasa percaya diri pada anak. Sedangkan percaya diri adalah bagian dari rasa percaya diri dan penting dimiliki anak.

"Berikan pujian yang tepat ketika anak-anak berhasil melakukan sesuatu. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri," ujar psikolog anak dan sekolah Global Sevilla, Alva Paramitha, saat webinar Conscious Parenting: Pola Asuh Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Masa Pandemi, kemarin.

Dia mengingatkan juga bahwa pujian dan kata-kata positif harus diucapkan secara tulus.

"Saran saya, secara tulus berikan kata positif kepada anak. Kita libatkan unsur hati kita saat kita berikan pujian," katanya.

Alva mengungkapkan, sejatinya orang tua merupakan observer yang baik terhadap anak-anaknya. Oleh karena itu, pola pengembangan anak tentunya harus sesuaikan dengan karakter dari masing-masing anak.

Baca juga : Program Australia-RI Dorong Cegah Pernikahan Anak di Tanah Air

Orang tua, kata Alva, harus memahami bahwa setiap anak tidak dapat diperlukan secara sama. Dicontohkan, ada anak yang dapat memahami ketika dinasihati, namun, ada juga anak-anak yang harus dinasihati dengan contoh-contoh, atau bahkan ada juga anak yang harus mengalami sendiri, sebagai proses belajarnya.

"Jadi kunci utamanya adalah pahami karakter anak ketika akan berikan reward dan konsekuensi (hukuman). Konsep parenting itu utamanya ada di kita," terangnya.

Dikatakan, nasihat dan hukuman atau konsekuensi harus diberikan sesuai porsi dan kebutuhan sang anak. "Karena konsekuensi itu tujuannya adalah untuk penguatan perilaku," sambung Alva.

Terakhir dia berkesimpulan bahwa tumbuh kembang anak harus menjadi perjalanan yang menyenangkan. Orang tua harus menjadi pendamping utama serta memiliki kualitas yang baik. Sehingga tumbuh kembangnya dapat selaras. (RO/OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Metode Karantina Daring untuk Peserta CPNS

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:04 WIB
Bimbingan belajar yang telah berdiri sejak 2018 itu telah memiliki 4.000 lebih peserta dan meluluskan 1.340 peserta PNS selama tiga tahun...
Antara

Indonesia Alami 197 Bencana Selama 23 Hari di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:00 WIB
BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  mencatat sebanyak 197 bencana terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 1...
MI/Duta

Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 98 Juta Tahun

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:05 WIB
FOSIL dinosaurus berusia 98 juta tahun ditemukan di Argentina. Para ilmuwan percaya bahwa fosil raksasa itu mungkin milik dinosaurus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya