Kamis 10 September 2020, 19:59 WIB

Alasan BLT untuk Wartawan Akhirnya Diganti Insentif Pajak 

Fachri Audhia Hafiez | Humaniora
Alasan BLT untuk Wartawan Akhirnya Diganti Insentif Pajak 

ANTARA/FB ANGGORO
Seorang pegawai memeriksa kondisi mesin cetak dan kertasnya di sebuah perusahaan media massa di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (27/7).

 

KOMISI I DPR dan pemerintah sempat menyoroti perlu tidaknya pemberian bantuan langsung tunai (BLT) kepada profesi wartawan. Akhirnya bantuan itu batal diberikan.

"Memang sempat gamang juga pemerintah, apakah perlu memberikan bantuan langsung tunai juga ada pada wartawan, yang pada akhirnya diputuskan tidak," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam webinar Media Academy bertajuk 'Jurnalis Bertahan di Tengah Pandemi', Kamis (10/9).

Meutya mengatakan, DPR sempat membicarakan terkait pemberian BLT itu dengan Dewan Pers selaku mitra Komisi I. Pembicaraan itu menuai pro kontra.

Baca juga: Saat Pandemi, Pers Mestinya Menebar Informasi Mencerdaskan

Beberapa asosiasi wartawan dinilai tak sependapat dengan pemberian bantuan itu. Penolakan pemberian bantuan untuk wartawan dinilai guna menjaga independensi kerja jurnalistik.

"Ada yang mengatakan tidak perlu, yang dibantu perusahaannya saja. Karena kalau bantu perusahaan wartawan juga ikut terbantu," ujar Meutya.

Mantan Jurnalis Metro TV ini menjelaskan, pada akhirnya pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memutuskan membantu industri media massa dengan memberikan insentif pajak. Hal itu diharapkan membantu mengurangi beban perusahaan media akibat pandemi virus korona (covid-19).

"Insentif kebijakan perpajakan diberikan kepada media-media yang selama ini patuh terhadap pajak pajak di tahun-tahun sebelumnya. Mereka yang melaporkan pajaknya diberi keringanan pajak untuk selama pandemi covid-19," kata Meutya. (A-2)

Baca Juga

Antara

2.957 Pasien Korona Dirawat di Wisma Atlet kemayoran

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:39 WIB
Aris menjelaskan jumlah pasien dalam perawatan pada Senin (24/1) sebanyak 2.862...
Dok MI

Susu Sapi Penting untuk Cegah Stunting pada Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibandingkan dengan...
Ilustrasi

Ini Pentingnya Yodium buat Ibu Hamil

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:55 WIB
yodium adalah mineral yang berhubungan dengan hormon tiroid yang mempengaruhi proses dan perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya